CONTOH SOAL DAN PEMBAHASANNYA
UN BAHASA INGGRIS SMP/MTS 2013
Read
the text to answer questions 1 and 2
A blessing upon
your NEW HOME
A blessing on
your new hearh, a blessing upon your new dwelling,
Upon your newly
kindled fire
|
1. What is the text about? =
Tentang apa tek itu
A. Opening of a new shop =
Pembukaan toko baru
B. Description of a new home =
Gambaran tentang rumah baru
C. Advertisement on a new restaurant =
Iklan pada rumah baru
D. Congratulation to someone on moving to a new
house =
ucapan selamat pada perpindahan ke rumah
baru
· Indikator :
Menentukan gambaran umum, teks fungsional pendek Greeting Card.
·
Kunci
jawaban :
D
· Pembahasan : “ a blessing “ ( = semoga diberkati ), “ new
home “ ( rumah baru ) , “ new
dwelling “ (= rumah baru ) , “new hearth” (
tempat tidur baru ).
=============================================================================
2. “ a blessing upon your new dwelling ” The underlined word has similar meaning with…
= semoga runah barumu selalu di
berkati
. Kata yang bergaris bawah memiliki makna yang sama dengan....
A. family
= keluarga
B. houes = rumah
C. street
= jalan
D. room = ruang
· Indikator :
Menentukan makna kata/frasa dalam
teks fungsional pendek.
· Kunci jawaban : B
· Pembahasan :
Sudah jelas
=============================================================================
Read the text to
answer questions 3 to 5
Dear
Mira,
I am
sorry I have to tell you that I can’t come to your house to work on our
project as we have planed before. Unexpected thing happened, My grandma must
be hospitallized soon. I’ll tell you about our plan later
|
Mira Sayang,
Maaf Saya harus katakan padamu bahwa saya
tidak bisa datang kerumahmu untuk mengerjakan proyek kita seperti yang telah
kita rencanakan, Nenekku harus di inapkan di rumah sakit secepatnya. Saya
akan kasih tahu kamu tentang proyek kita kapan kapan.
|
3. What is the message about? =
pesan ini tentang apa ( isinya)
A. A sick grandma =
nenek yang sakit
B. A delay of an activity =
penundaan kegiatan
C. A Working project =
pekerjaan proyek
D. A great plan
=
rencana besar
.
· Indikator : Menentukan gambaran umum teks fungsional
pendek
· Kunci jawaban : B
· Pembahasan : Karena ada kata “ I can’t come to your house... Dan kata .......I’ll
tell you about our
plan
later .... ” berarti Isi pesan tersebut
adalah penundaan
===============================================================================================
4. Dinda can’t come to Mira’s house because… =
Dinda tidak datang ke rumah Mira
karena....
A. the project has not planned. =
Proyek itu belum di rencanakan
B. she has to work in the hospital. =
dia harus mengerjakan di rumah sakit
C. her grandma is sick. =
neneknya sakit
D. Dinda must be hospitalized =
Dinda harus di rumahsakitkan
· Indikator : Menentukan informasi
rinci teks fungsional pendek
· Kunci jawaban : C
· Pembahasan :
Alasan adalah “ my grandma must be hospitalized soon “ ( nenek saya
harus di opname di rumah sakit segera ),
berarti pasti sakit.
===============================================================================================
5. From the message above we know that... =
Dari pesan di atas kita tahu bahwa...
A. Dinda and Mira have to work together on their
project. = Dinda dan Mira harus
mengerjakan bersama sama
proyek
mereka
B. Dinda’s grandma involves in the project . = Neneknya Dinda terlibat di proyek itu
C. Dinda and her grandma will meet Mira at the
hospital. = Didna dan neneknya akan
ketemu Mira di rumahsakit
D. Dinda expect Mira to stay in the hospital
with her. = Dinda berharap
Mira untuk tinggal di RS dengan dia.
· Indikator : Menentukan informasi tersirat
· Kunci jawaban : A
· Pembahasan : Dari kata “.....to work on our project as we have planed before”. ( untuk
mengerjakan proyek/ rencana pekerjaan seperti yang sudah kita rencanakan sebelumnya ).
Dan kata ... I’ll tell you about our plan later Berarti mereka harus mengerjakan
proyek mereka.
===============================================================================================
Read
the text to answer questions 6 and 7
Do You believe in Fairies?
Brianna’s made a birthday wish
Please help it to come true,
She wants to be a Fairy Princess
And celebrate turning 4 with you!
Brianna Solomon
March 30, 2015 1:00 PM to 3:30 PM
110 Meadow Lane Lazington
Please RSVP to Kathy by March 25th
978-555-1212
Please wear a leotard for costume changing
discretion
|
Apakah anda percaya dengan Bidadari
Brianna telah membuat acara ulang ahun
Tolong bantu agar sukses,
Dia ingin menjadi seorang bidadari
Dan merayakan ultahnya yang ke 4 denganmu
Brianna Solomon
Maret 30, 2015 jam 1:00 Siang sampai 3:30
Sore
( Alamat ) 110 Meadow Lane Lazington.
Tolong pastikan kepada Kathy tgl 25 Maret
(978-555-1212
Mohon untuk memakai pakaian leotard
|
6. What is the text written for? =
untuk apa teks itu di tulis?
A. To invite somebody to a party =
untuk mengundang seseorang pada sebuah
pesta
B. To celebrate a new baby = untuk merayakan lahirnya seorang anak
C. To welcome a princess =
untuk menyambut seorang bidadari
D. To show the way to Lexington =
untuk menunjukkan jalan menuju ke
Lexington
· Indikator : Menentukan tujuan komunikatif teks.
· Kunci jawaban : A
· Pembahasan : Teks tersebut berupa undangan
untuk merayakan ulang tahun Brianna
yang
keempat, bisa dilihat
dari beberapa kata
kunci misalnya RSVP.
Jadi
pilihan yang tepat
adalah to invite
somebody to a party.
===============================================================================================
7. Who should we contact to make a
confirmation? = Kepada siapa
kita harus pastikan?
A. Brianna
B. Airy Princess
C. Mr. Solomon
D. Kathy
· Indikator : Menentukan
informasi tertentu
· Kunci jawaban : D
· Pembahasan : Dalam teks disebutkan “please RSVP to Kathy…”
berarti kita harus konfirmasi
kepada Kathy.
=============================================================================Read the text to answer questions 8 to 9
Dear
Parents,
We
would like to announce the available roster of tutorial services offered by
our school. This is part of our after-school academic immersion program:
•
Algebra for elementary and high school levels
•
History, Science and Chemistry
•
Specific subjects for high school levels
Schedule
of Sessions: 1 1/2 hours Monday to Friday except holidays.
Class
Size Maximum of 10 students.
Fee:
Rp,250.000/quarter.
For
further information, you may contact our office at 555-2773.
Thank
you very much.
Academic
Advisor
|
Pak/Bu
Kami ingin mengumumankan
tentang jadwal pelajaran les yang di
tawarkan sekolah kami. Ini adalah program pendalaman materi ( yang
dilaksanakan ) setelah jam sekolah.
§ Aljabar untuk tingkat dasar dan tingkat tinggi.
§ Sejarah, Ilmu Pengetahuan dan Kimia
§ Pelajaran khusus untuk siswa tingkat atas
Jadwal tatap muka :
1 ½ jam Senin sampai Jumat kecuali hari libur.
Kelas terbanyak 10
orang
Biaya: Rp250.000 per
kwartal
Untuk informasi
lebih jelas , hubungi kantor kami di
nomor 555-277
Terimakasih
Penasehat Akademik
|
8. What is the announcement about? =
Tentang apa Pengumuman ini?
A. Algebra class
=
kelas aljabar
B. Specific subjects for students =
pelajaran khusus untuk siswa
C. The roster of tutorial services =
Daftar pelayanan tutorial
D. History, science, and chemistry lessons =
sejarah, Ilmu Pengetahuan dan pelajaran
Kimia
· Indikator : Menentukan gambaran umum
teks
· Kunci jawaban : C
· Pembahasan : Secara umum
teks tersebut memberitahukan tentang
“ ... tutorial
services offered by our school ...” ( tutorial services
yang akan
diselenggarakan oleh sekolah )
===============================================================================================
9. We can conclude that ... =
kita bisa menyimpulkan bahwa...
A. The services are free of charge. =
pelayanan itu gratis
B. The programs will be held during
weekend. = program
ini akan dilaksanakan setiap akhir pekan
C. There will be no more than 10 students in a
class. =
tidak lebih dari 10 orang siswa dlm 1
kelas
D. This is not part of after-school academic
immersion program. = ini
bukan program pendalaman materi setelah jam
sekolah
· Indikator : Menentukan informasi
tersirat
· Kunci jawaban : C
· Pembahasan : Dalam teks tertulis “...Clacc
Size maximem of 10 students.” Berarti dalam
satu kelas tidak boleh lebih dari 10
siswa.
===============================================================================================
Read the
text to answer questions 10 to 12
Naturally stylish.
Make
a style statement with a beautifully seamless form factor created using
hyperglaze Technology, in your choice of either Marble White or Pebble Blue.
|
Slim. Light. Ergonomic
The
gentle curves and beautiful shapes of nature are created perfectly in a
premiun 8.6 mm thin form factor weighing just 133g; making it an effortless
fit into your life.
|
|
A touch of nature.
The Touchwiz user interface provides a
calming experience that relaxes with it’s soothing sounds as the live
wallpaper’s ripples bring an oasis of calm to your day.
|
All Natural Design
The
Samsung GALAXY S III’s comfortable grip and gentle curves reflect it’s
organic design, while providing ergonomic comfort that’s human- centric and
innovatively natural.
|
|
Like what you see?
Let us
know by liking this post. Then watch our timeline to find outwhich feature of
the Samsung GALAXY S III has gotten everyone talking.
|
10.
What is offered in the advertisement? = apa
yang di tawarkan dalam iklan itu?
A. Notebook
=
buku catatan
B. Mobile phone
=
mobile phone
C. Personal computer =
komputer pribadi
D. Digital camera =
kamera digital
· Indikator : Menentukan gambaran umum
isi teks
· Kunci jawaban : B
· Pembahasan : Yang ditawarkan dalam iklan
tersebut adalah produk berupa handphone
sebagaimana bisa dilihat dari ( visualisasi
gambarnya / Cirinya: Naturally Stylish= modelnya
alami /
A touch of nature = layar sentuh yang natural / Slim. Light. Ergonomic = Ramping .
ringan irit / All Natural Design = Semua di rancang dengan sangat natural./
Juga bisa di lihat
dari Nama produknya yakni Samsung
================================================================================================
11. How
many colours does the product offer? =
berapa warna yang di tawarkan oleh produk tersebut.
A. One
B. Two
C. Four
D. Six
· Indikator : Menentukan informasi
rinci
· Kunci jawaban : B
· Pembahasan : Warna yang tersedia ada dua
macam yaitu marble white dan pebble blue.
Lihat pada ciri
produk yang ada di kiri atas ada kata “ .....In your choice of either marble white
dan pebble
blue..”
= di pilihan anda, baik berwarna marmer putih atau warna kerikil biru
===============================================================================================
12. What
reflects Samsung Galaxy III’s organic design?
A. Comfortable grip and gentle curves
B. Shooting sounds
C. Live wallpaper’s ripples
D. Beautifully seamless form
· Indikator : Menentukan informasi
rinci
· Kunci jawaban : A
· Pembahasan : Dalam teks tertulis “The Samsung
GALAXY III’s. comfortable grip and gentle curves reflect its
organic design.”
===============================================================================================
Read
the text to answer questions 13 to 15
Dear
Frank:
It's
been said that "A friend in need, is a friend indeed.".
No
words could better describe what your
friendship has meant to us over the years.
Marie
and I appreciate your taking the kids out to dinner last Thursday, so
that we could be with her mom at the
hospital.
It's
wonderful to have friends like you,
who are always there for us when we need you most.
Marie
and I want you to know that we cherish your friendship. Should you ever need us in any way, please don't hesitate
to call on us.
With
warm affection,
Tim
and Marie
|
Dear Frank:
Ada (pepatah) bahwa “ Teman yang sebenarnya
adalah teman yang yang bisa di butuhkan”. Tidak ada kata-kata yang bisa
menggambarkan kebaikanmu terhadapku selama ini.
Marie ( istri istri Tim ) dan Saya
menghargai ( maksutnya terimakasih sekali ) bahwa anda telah mengajak anak-anak
( maksudnya anak-anak Tim dan Marie ) keluar makan malam pada hari kamis yang
lalu, sehingga kami bisa ke Rumah sakit dengan ibunya anak-anak. Nyaman
rasanya memiliki teman seperti anda,( maksudnya Frank ) yang selalu disana (
maksudnya selalu ada ) untuk kami ketika kami sangat memerlukan anda.
Marie dan Saya ingin anda tahu bahwa kami menghargai
kebaikan anda.
Sudikah kiranya jika kamu perlu kami apa saja, tidak usah ragu untuk
memanggilku.
( Salam ) hangat
Tim dan Marie
|
13.
Who took the kids out to dinner? = Siapa yang mengajak anak-anak makan malam
keluar?
A. Mary and her mom
B. Tim and Marie
C. Marie
D. Frank.
· Indikator : Menentukan informasi
tertentu
· Kunci jawaban : D
· Pembahasan : Yang mengajak
anak-anak makan malam di luar
adalah Frank, karena
kata “you” dalam
surat tersebut merujuk pada si penerima yaitu
Frank.
================================================================================================
14.
From the text we know that… = dari ( membaca ) teks tsb kita tahu
bahwa...
A.
Marie was hospitalized. = Marie
di rumah sakit
B.
Frank is Marie’s brother. = Fran adalah saudara (LL) nya Marie
C. Tim
and Marie were very grateful to Frank. = Tim dan Marie sangat
berterimakasih kepada Frank
D. Tim
and Marie could not visit Marie’s mom in the hospital. = Tim dan Marie tak dpt ngunjungi ibunya
Marie di RS
· Indikator : Menentukan informasi tersirat
· Kunci jawaban : C
· Pembahasan : Surat itu mengekspresikan rasa terima kasih
Tim dan Marie atas bantuan yang diberikan Frank.
===============================================================================================
15. “
Marie and I
want you to
know that we
cherish your friendship.
“
The word
Cherish means… = Kata
Cherish maksudnya adalah...
A.
know. = tahu
B.
hate. = benci
C.
appreciate. = menghargai
D.
misunderstand. = salah pengertian
· Indikator : Menentukan makna
kata/frasa dalam teks
· Kunci jawaban : C
· Pembahasan : Kata cherish bermakna menghargai,
jadi padanan yang sesuaiadalah appreciate.
================================================================================================
Read
the text to answer question 16
16.
The above caution means ... = Caution di atas maksudnya adalah...
A. we
need to buy eye-protection equipment. = kita perlu membeli alat pelindung mata
B. It
is very easy to find eye-protection equipment.
= sangat mmudah mencari alat pelindung mata
C.
some students are using eye-protection equipment. =
beberapa pelajar sedang menggunakan alat
pelindung mata
D. it
is very important to wear eye protection equipment. =
memakai alat pelindung mata sangat
penting
· Indikator : Menentukan makna teks fungsional
pendek
· Kunci jawaban : D
· Pembahasan : Kata MUST
BE WORN = harus di pakai. Berarti very
important to wear = penting memakai
===============================================================================================
Read
the text to answer questions 17 to 19
The
Rising Stars
The success of Harry Potter movies has
made Daniel Radcliffe, Emma Watson,
and Rupert Grint the centre of public attention. The three rising stars
have grown up on screen and grown into
his or her role as an actor.
Radcliffe
was born in Fulham, London, 23 July 1989. His nickname is Dan. He is the only
child of Alan Radcliffe and Marcia Gresham. Dan has dark brown hair and blue
eyes. His height is about 168 cm. He is a loyal, shy, down-to-earth, and
humorous
person. He is also intelligent and somewhat mysterious. He loves football,
Formula One racing and gymnastics.
Emma Charlotte Duerre Watson was born in
Paris, France, 15 April 1990. Her nickname is Emma. She is the daughter of
Chris Watson and Jacqueline Luesby. She lived in Paris until the age of five
before she moved with her mother
and
younger brother Alexander to Oxford, England. Emma has wavy brown hair. Her
height is 165 cm. She is an open-handed, friendly, and determined person. She
also said that she is a little bit stubborn. Emma loves dancing, singing,
tennis and art.
Rupert Alexander Grint was born in Hertfordshire,
England, 24 Au-gust, 1988. His nickname is Rupert. He is the oldest son of
Nigel Grint and Jo Parsons. Rupert has
bright red hair. His height is 180 cm. He is an active and humorous person.
He is also very humble. However, he
is the shyest of the three Harry Potter co-stars. Rupert is arachnophobia. It
means that he is afraid of spiders. He likes all kinds of music, but his
favorite is classic rock and roll. His favorite school subject is Chemistry.
These Hogwarts trio have been really great associates, not only on screen but
also in real life. Their secret of friendship is that they always understand
each other although they have different backgrounds and personalities.
|
Bintang
yang sedang naik
Kesuksesan film
Harry Poter telah membuat Saniel Raddiffe, Emma Watson, dan Rupert Grint sebagai pusat
perhatian publik. Tiga bintang yang sedang naik daun itu telah besar di dunia
layar lebar dan berperan sebagai actor.
Radcliffe di
lahirkan di Fulham, London, 23 July 1989. Nama panggilanya adalah Dan. He is anak
tunggal dari pasangan Alan Radcliffe
and Marcia Gresham. Dan berambut coklat hitam dan bermata biru. Tingginya
sekitar 168 cm. Dia sangat loyal, pemalu, lugu, dan sangat humoris.Dia juga
cerdas dan misterius. Dia suka sepak bola, balap mobil formula satu dan
senam.
Emma Charlotte
Duerre Watson lahir di Paris, perancis, 15 April 1990. Nama panggilanya Emma.
Dia anak dari pasangan Chris Watson and Jacqueline Luesby. She tinggal di
Paris sampai umur 5 thn sebelum dia pindah dengan ibunya dan abangnya
Alexander ke Oxford, England. Emma
memiliki rambut coklat berombak. Tingginya
165 cm. Dia bersifat pemurah, ramah, dan gigih. Di juga bilang bahwa
dia agak keras kepala. Emma senang menari, nyanyi, tennis dan seni.
Rupert Alexander
Grint lahir di Hertfordshire, England, 24 Agustus, 1988. His nama panggilanya
Rupert. Dia anak tertua dari pasangan Nigel Grint and Jo Parsons. Rupert mempunyai rambut merah terang.
Tingginya 180 cm. Dia seorang yang aktive dan humoris. Dia juga sangat rendah
hati. Namun dia paling pemalu diantara tiga tokoh di Harry Potter itu. Rupert
adalah seorang arachnophobia ( takut laba-laba ). Dia suka segala jenis
musik, tapi favoritnya adalah klasic rock dan roll.pelajaran yang paling di
sukai adalah kimia. Hogwarts trio telah
menjadikan mereka persahabatan yang benar-benar hebat, tidak hanya di layar
tetapi juga dalam kehidupan nyata. Rahasia mereka persahabatan adalah bahwa
mereka selalu saling memahami meskipun mereka memiliki latar belakang dan
kepribadian yang berbeda
|
17.
What is the text about? = Tentang apa teks ini?
A. The
life of Harry Potter stars = kehidupan para bintang dalam film Harry Potter
B. The
making of Harry Potter movies =
pembikinan film Harry Potter
C. The
success of Harry Potter series = keberhasilan film Harry Potter
D. The
description of the stars of Harry Potter
= gambaran para bintang dalam film Harry Potter
· Indikator : Menentukan gambaran umum isi
teks
· Kunci jawaban : D
· Pembahasan : Teks tersebut berisi deskripsi trio yang
membintangi HarryPotter.
================================================================================================
18.
“She is an openhanded, friendly,
and determined person. = Dia seorang yang pemurah, ramah, dan gigih .
” The underlined word is similar in meaning with… = Kata yang bergaris bawah bermakna sama
dengan ...
A.
generous. = pemurah
B.
grateful. =
berterimakasih
C.
wealthy. = kaya
D.
mean. = berarti
· Indikator : Menentukan makna kata/frasa
· Kunci jawaban : A
· Pembahasan : Kata openhanded
bermakna pemurah, padanannya adalah generous.
===============================================================================================
19.
From the text we know that the three rising stars are… = dari
teks itu kita tahu bahwa tiga bintang tenar ini adalah ...
A.
good friends. = kawan yang baik
B.
only good while on screen. =
hanya kawan baik ketika di layar
C.
jealous with each other. = cemburu antara satu dengan yang lain
D.
not willing to help each other. =
tidak ingin membantu satu sama lain
· Indikator : Menentukan makna tersirat
·
Kunci jawaban : A
· Pembahasan : Ketiga
sahabat itu memang sahabat sejati, bukan hanya di layar film saja tetapi
juga dalam
kehidupan sehari-hari.
===============================================================================================
Read
the text to answer questions 20 to
22
Gontor
5 for Girls
Gontor 5
for Girls is
a school located
in Kandangan, Pare,
Kediri, East Java. On its 4th
age, the institution, inhabited by 529 students and 65 teachers, directed by
Mr. H. Agus
Mulyana, S.Ag., always
develops and keeps
its existence. It is a boarding
school. All students live in dormitories. So, they do everything together.
Students
get up early in the morning and do their dawn prayer. Then they take a bath
and have breakfast together. Before the morning classes start, they return to
their bedroom to make the beds and clean the rooms. After school they usually
do sports or other extracurricular activities.
In
the evening they have dinner together. Then they prepare themselves for the
next day. Some
of them do
their homework and
others study or
read books. Before they
go to bed,
they have time
to relax. They
chat with their friends or read magazines.
|
Gontor 5 for Girls adalah
sekolah yang terletak di Kandangan, Pare, Kediri, Jawa Timur. Pada usia ke-4,
lembaga, dihuni oleh 529 siswa dan 65 guru, di pmpin oleh Bapak H. Agus Mulyana,
S.Ag., yang selalu mengembangkan dan menjaga keberadaannya. Ini adalah sekolah
asrama. Semua siswa tinggal di asrama. Jadi, mereka melakukan segala sesuatu bersama-sama.
Siswa bangun pagi-pagi
dan melakukan sholat subuh mereka. Kemudian mereka mandi dan sarapan
bersama-sama. Sebelum kelas pagi mulai, mereka kembali ke kamar tidur mereka
untuk merapikan tempat tidur dan membersihkan kamar. Setelah sekolah biasanya
mereka melakukan olahraga atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya.
Di malam hari mereka
makan malam bersama. Kemudian mereka mempersiapkan diri untuk hari
berikutnya. Beberapa dari mereka melakukan pekerjaan rumah mereka dan yang
lain belajar atau membaca buku. Sebelum mereka pergi tidur, mereka memiliki
waktu untuk bersantai. Mereka mengobrol dengan teman-teman mereka atau
membaca majalah.
|
20.
From the text we know that the students of Gontor 5 for Girls are… = dari
teks itu kita tahu bahwa siswa Gontor 5 Girls
adalah ....
A.
Lazy and slow. = malas dan lamban
B.
Active and. responsible =
aktive dan bertanggung jawab
C.
Reactive and rebellious. = reaktive dan nakal
D. independent
and enthusiastic. = bebas
dan bersemangat
· Indikator : Menentukan makna tersirat
· Kunci jawaban : B
· Pembahasan : Dari kebiasaan sehari-hari yang dilakukan
para siswa menunjukkan bahwa mereka
merupakan
siswa yang aktif dan bertanggung jawab,
================================================================================================
21.
What is the main idea of the last paragraph?
= apa ide utama pada paragraf terakhir?
A.
Students extracurricular activities in the morning. =
kegiatan ekstra dia dakan pagi hari
B.
Students have many activities in the evening. =
siswa memiliki banyak kegiatan di sore
hari
C.
Studentsdo their homework in the evening. =
siswa mengerjakan PR mereka di sore hari
D.
Students chat with their friend
before going to bed. = siswa
ngobrol sebelum tidur
· Indikator : Menentukan pikiran utama
paragraf
· Kunci jawaban : B
· Pembahasan : Jawaban
A salah karena Ekstra kurikuler terdapat di paragraf 1. / Jawaban B benar
karena di paragraf terakhir memang menyebutkan banyak kegiatan seperti:dinner , prepare for the next day, do
homework, study, read books, relax, chat , read magazines. / Jawaban C salah karena bukan hanya itu
yang di kerjakan siswa. / jawaban D salah karena bukan hanya itu yang di
lakukan oleh siswa.
================================================================================================
22.
When do the students make the beds and clean the rooms? = kapan
siswa merapikan tempat tidur dan membersihkan
kamar?
A.
After they get up =
setelah bangun tidur
B.
Before they do their dawn prayer = sebelum
mereka sholat subuh
C.
Before they take a bath = sebelum meraka mandi
D.
Before the morning classes start = sebelum
kelas pagi mulai
· Indikator : Menentukan informasi rinci
tersurat
· Kunci jawaban : D
· Pembahasan : Lihat paragraf ke 2 “.......Before the morning classes start...”
================================================================================================
Read
the text to answer questions 23 to 25
Mahogany
In the natural rainforest, Mahogany is a
very large canopy tree, sometimes reaching
over 150 feet
in height, with
trunks sometimes more than
6 feet in diameter above a large basal buttress.
It is a generally open-crowned tree, with gray to brownish-red fissured
bark.
Mahogany is perhaps the most valuable
timber tree in the whole of Latin
America and has been heavily exploited for most of this century.
Mahogany is becoming increasingly rare, and is already extinct in parts of
its original range. It is listed
as threatened in "Arboles Maderables
en Peligro de
Extinción en Costa Rica.
Mahogany varies from yellowish, reddish,
pinkish, or salmon colored when freshly cut, to a deep rich red, to reddish
brown as the wood matures with age.
|
Mahoni
Di
hutan hujan alami, Mahoni adalah pohon kanopi ( tinggi ) yang sangat besar,
kadang-kadang mencapai lebih dari 150 meter tingginya, dengan batang
kadang-kadang berdiameter lebih dari 6 kaki di ukur dari dasar yang paling
besar. Mahoni Ini adalah pohon yang biasanya bermahkota terbuka, dengan berbagai
warna dari abu-abu sampai coklat-kemerahan berkulit pecah-pecah.
Mahoni
mungkin pohon yang paling berharga di seluruh Amerika Latin dan telah banyak
dimanfaatkan di abad ini. Mahoni menjadi semakin langka, dan sudah punah unsur
aslinya. Tercatat pernah terancam kepunahanya di "Arboles Maderables en
Peligro de Extinción en Kosta Rika
Mahoni
bervariasi dari warna kekuningan, kemerahan, merah muda, atau berwarna salmon
( coklat seperti ikan salmon ) ketika baru dipotong, ada yang warna merah, sampai merah kecoklatan jika
sudah dewasa.
|
23.
How large can Mahogany be? = Bisa seberapa besar pohon mahoni?
A.
Less than 5 feet in diameter = dengan diameter kurang dari 5 kaki
B.
More than 6 feet in diameter = dengan diameter lebih dari 6 kaki
C.
About 100 feet in diameter = dengan diameter sekitar 100 kaki
D.
Over 150 feet in diameter = dengan diameter lebih dari 150 kaki
· Indikator : Menentukan informasi tertentu
· Kunci jawaban : B
· Pembahasan :
Lihat paaragraf 1 baris ke 3
===============================================================================================
24.
What makes Mahogany becoming increasingly rare?
= Apa yang membuat
pohon mahoni semakin langka?
A. Its
size =
ukuranya
B. Its
exploitation = penebangan
C. Its
quality =
kualitasnya
D. Its
value =
isinya
· Indikator : Menentukan informasi rinci
· Kunci jawaban : B
· Pembahasan :
Lihat paragraf 2 baris ke 2 “
...and has been heavily exploited...” = dan telah banyak di tebangi
===============================================================================================
25.
“… is extinct in
parts of its
original range. =
“... sudah punah ( yang asli )
The
underlined word means…
= kata yang bergaris bawah artinya ...
A.
survive = hidup
B.
vanish = lenyap
C.
stay alive = tetap hidup
D.
uncommon = tidak umum. ( Un = tidak common =umum )
· Indikator : Menentukan makna kata/frasa
· Kunci jawaban : B
· Pembahasan : Kata extinct bermakna punah, padanannya
adalah vanish.
================================================================================================
Read
the text to answer questions 26 to 28
INGREDIENTS
1
Small chicken, cut into pieces
2 cups
fresh coconut milk (or 200 ml thick coconut milk and 200 ml water)
GRINDED
SPICES
Shallots,
garlic, galangal, lemongrass, cumin, salt, pepper, coriander
COOKING
DIRECTIONS
Boil
chicken. Allow 2 cups of broth to
remain in the pot.
Fry
the grinded spices with 2 spoons of vegetable oil.
Add
the spices into the boiled chicken; turn to low heat until it is tender.
Add
the coconut milk, stir, continue simmer to enhance flavor.
Serve
your white chicken curry while hot.
|
BAHAN
1 ayam
kecil, potong-potong
2 cangkir susu kelapa segar (atau 200 ml santan kental dan 200 ml air)
BUMBU
YANG DIGILING / DIHALUSKAN
Bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, jintan, garam, merica, ketumbar
CARA MEMASAK
Rebus ayam. Biarkan 2 cangkir kaldu untuk tetap di dalam pot. goreng bumbu yang dihaluskan dengan 2 sendok minyak sayur. Tambahkan bumbu ke dalam ayam rebus; putar ke posisi panas rendah sampai daging empuk. Tambahkan santan, aduk, didihkan terus untuk meningkatkan rasa. Sajikan kari ayam putih selagi panas |
26.
What is the text about? = Tentang apa teks tersebut?
A. How
to grind spices = Bagaimana cara menghalusksn bumbu
B. How
to fry chicken = Bagaimana menggoreng ayam
C. How
to make thick coconut milk = Bagaimana membuat santan kental
D. How
to cook white chicken curry = Bagaimana memasak kari ayam putih
· Indikator : Menentukan gambaran umum isi
teks
· Kunci jawaban : D
· Pembahasan : Teks tentang cara masak kari ayam ( Lihat
baris terakhir “ Serve your white chicken curry while hot”
================================================================================================
27.
Why do we need to simmer after adding coconut milk? =
Kenapa kita perlu mendidihkan setelah ditambahkan santan?
A. To
make the chicken tender = untuk
membuat ayam agar lembut
B. To
get attractive color =
untuk mendapatkan warna yang menarik
C. To
make the curry spicy =
untuk membuat kari enak
D. To
enhance flavor = untuk
meningkatkan rasa
· Indikator : Menentukan informasi tersirat dalam
teks
· Kunci jawaban : D
· Pembahasan : Tujuannya
adalah agar santan
meresap sehingga rasanya
lebih lezat, sebagaimana
tertulis
dalam
teks “Add coconut stir, simmer to
enhance flavor.”
===============================================================================================
28.
“… turn to low heat until it is tender.”
= kurangi panasnya sampai lembut
( dagingnya )
The word it refers to… =
Kata it
maksudnya adalah...
A.
heat = panas
B.
spice = bumbu
C.
chicken = daging ayam
D.
vegetable oil = sayuran
· Indikator : Menentukan rujukan kata dalam
teks
· Kunci jawaban : C
· Pembahasan : Yang dimaksud it adalah chicken,
================================================================================================
Read
the text to answer questions 29 to 30
How to Remove Ballpoint Pen Ink
Stains From Fabric Instructions
Things
You'll Need:
Paper towels
Clean cloth
Hair Spray
Terry Washcloths
Sponges
Rubbing Alcohol
Nail Polish Remover
Laundry Pretreatment
Liquid Bleach
|
Cara Hapus noda tinta pen Ballpoint
Dari Kain
instruksi
Barang-barang yang Anda butuhkan: • handuk kertas • kain Bersih • Semprot rambut • Kain lap Terry • Spons • Alkohol penggosok • Nail Polish Remover • Laundry Pretreatment • Cairan pemutiih |
Steps:
1. Sponge the stain with water to remove as
much ink as possible.
2. Allow the spot to dry.
3. Set the affected area face down on a clean
cloth or paper towels.
4. Spray the back side of the stain with
hairspray, or apply rubbing alcohol
or
nail polish remover.
5. Blot the back side with a clean terry cloth
washcloth to further remove
as
much ink as possible.
6. Apply laundry pretreatment.
7. Wash in warm water.
8. Air dry.
|
langkah-langkah:
1. Gosok noda dengan air untuk menghilangkan tinta sebisa mungkin 2. Biarkan sampai kering. 3. Gosoklah bagian yang terkena noda dengan kain bersih atau kertas lap. 4. Semprotkan sisi belakang noda dengan hairspray, atau gosoklah dengan alkohol. 5. Blot sisi belakang dengan kain lap bersih atau kain terry
6. Siapkan
untuk masuk mesin laundry.
7. Cuci dengan air hangat. 8. Pengering dengan udara |
29.
According to the text, we do not need to…
= menurut teks, kita
tidak perlu ....
A.
wash the cloth =
mencuci kain
B. dry
the spot = mengeringkan noda
C.
apply laundry pretreatment = siap siap untuk mencuci
D. use
dryer =
menggunakan pengering
· Indikator : Menentukan informasi tersirat
· Kunci jawaban : D
· Pembahasan : Yang ditanyakan adalah apa yang tidak di
perlukan.
Jawaban A perlu ( lihat
langkah no 6 ). Jawaban B perlu ( lihat langkah no 8 ). Jawaban C perlu ( lihat
langkah no 6 ). Jawaban
D tidak perlu menggunakan alat pengering. ( lihat langkah no 8: Air dry,
supaya mengeringkanya
dengan di anginkan)
================================================================================================
30. “Allow the
spot to dry.” =
Biarkan noda itu kering
The
underlined word has similar meaning to…. =
Kata yang bergaris bawah mempunyai arti yang sama dengan...
A. ink. = tinta
B. cloth.
= pakaian
C. mark. = tanda
D. fabric.
= kain
· Indikator :
Menentukan makna kata/frasa
· Kunci jawaban :
c
· Pembahasan :
Persamaan kata yang tepat untuk spot adalah mark, yaitu area atau tanda noda
pada kain
================================================================================================
Read
the text to answer questions 31 to 33
My Worst Mistake
Hi
Diary,
I’ve
just had the worst day ever! It all began
at morning break. This horrible boy came over and pushed me for no reason. When I pushed him back, I was the one who
got into trouble. I was given a nasty note from Ms Thomas
to take home to mom.
Later when
mum read the
note she blamed
me – she even listen to my side of things. It’s not fair. Now I’m grounded for a month and all I did
was stick up for myself.
Still
I have learned one thing today – violence
won’t solve my problems but telling tales just might!
|
Kesalahanku yang
Terparah
Hai,
Diary
Saya
barusaja mengalami hari yang paling jelek !. Semuanya itu diawali ketika
istirahat pagi. Anak laki-laki yang parah itu menghampiri saya dan mendorong
tanpa alasan yang jelas. Ketika saya dorong dia ke belakang , saya malah yang
dapat catatan buruk. Saya dapat surat peringatan dari Pak Thomas supaya saya di laporkan ke
ibu saya.
Kemudian
ketika ibu membaca catatan itu, ibu malah menyalahkanku – dia bahkan
mendengarkan sisi lainya. Ini tidak adil. Sekarang aku membantah selama satu
bulan dan semua yang saya lakukan adalah tetap membela diriku sendiri
Kini
saya belajar satu hal hari ini – Bahwa kekerasan tidak akan menyelesaikan
masalah tapi menceritakan ( kebenaran ) mungkin ( lebih baik ).
|
31.
What did the writer take home for his mom?
= Apa yang di bawa
pulang oleh penulis ke ibunya?
A.
Good report from school = Laporan yang baik
dari sekolah
B. The
photo of the horrible boy = photo anak yang brengsek
C. The
nasty note from Ms. Thomas = Catatan peringatan dari Ibu Thomas
D.
Punishment letter from the principal
= Surat hukuman dari kepala
sekolah
· Indikator : Menentukan informasi tertentu
· Kunci jawaban : C
· Pembahasan : Lihat baris ke 4 paragraf 1
================================================================================================
32.
What is the main idea of paragraph 2? = Apa ide utama pada
paragraf 2
A. The
boy had a horrible life. = anak
laki-laki itu terkena hari sial
B. The
writer was blamed by his mom. = penulis itu di slahkan
oleh ibunya.
C. Ms.
Thomas gave him a nasty note. = Ibu homas memberi dia
catatan peringatan
D.
Something has to be learned from his experience. =
Sesuatu harus di pelajari dari penglaman dia
· Indikator : Menentukan pikiran utama
paragraf
· Kunci jawaban : B
· Pembahasan : Lihat kalimat “...she blamed me.....” = Dia (
ibunya ) menyalahkan saya. Kalimat itu sama artinya
dengan “...Penulis disalahkan oleh Ibunya = The writer was blamed by his mom
================================================================================================
33.
What did the writer learn from his experience? =
Apa yang penulis pejari dari penglaman dia itu?
A.
Violence won’t solve problems. = Kekerasan tidak menyelesaikan
masalah
B.
Telling tales makes life worse. = menceritakan kebenaran
membuat kehidupan lebih buruk.
C.
Being given a nasty note is a fun.
= di beri catatan
peringatan itu menyenangkan
D.
Making friend is not necessary. = mencari teman tidak mudah
· Indikator :
Menentukan informasi tersurat
· Kunci jawaban :
A
· Pembahasan : Lihat
paragraf 3 “...Violence
won’t solve problems ...” =kekerasan tidak
akan menyelesaikan masalah
================================================================================================
Read
the text to answer questions 34 to 36
Steven
Paul Jobs was born on 24 February 1955 in San Francisco, California, to Abdulfattah Jandali and Joanne who gave him
up for adoption. He was taken in by Paul
and Clara Jobs, and grew up with them in Mountain View,
California.
He attended Homestead High School in
Cupertino California and went to Reed
College in Portland Oregon in 1972 but dropped out after only one
semester, staying on to "drop
in" on courses that interested him.
He took a job with video game manufacturer
Atari to raise enough money for a trip to India and returned from there a
Buddhist.
Back in Cupertino he returned to Atari
where his old friend Steve Wozniak was still working. Wozniak was building
his own computer and in 1976 Jobs pre-sold 50 of the as-yet unmade computers
to a local store and managed to buy the components on credit solely on the
strength of the order, enabling them to build the Apple I without any funding
at all.
The Apple II followed in 1977 and the
company Apple Computer was formed
shortly afterwards. By the time production of the Apple II ended in
1993 it had sold over 6 million
units.
In 1985 Jobs was fired from Apple and
immediately founded another computer
company, NeXT.
In the meantime, in 1986, Jobs bought
The Computer Graphics Group from
Lucasfilm. The group was responsible for making high-end computer
graphics hardware but under its new name, Pixar, it began to produce
innovative computer animations.Their first title under the Pixar name, Luxo
Jr. (1986) won critical and popular acclaim and in 1991 Pixar signed an
agreement with Disney, with whom it already had a relationship, to produce a
series of feature films, beginning with Toy Story (1995).
In 1996 Apple bought NeXT and Jobs returned
to Apple, becoming its CEO. In 2003, Jobs was diagnosed with pancreatic
cancer and underwent surgery in 2004.Despite the success of this operation he
became increasingly ill and received a liver
transplant in 2009. He returned to work after a six month break but
eventually resigned his position in August 2011 after another period of
medical leave which began in January 2011. He died on 5 October 2011.
|
Steven
Paul Jobs lahir pada 24 Februari 1955 di San Francisco, California, ke
Abdulfattah Jandali dan Joanne yang memberinya untuk diadopsi. Ia dibawa oleh
Paul dan Clara Jobs, dan dibesarkan dengan mereka di Mountain View,
California.
Dia menghadiri Homestead High School di Cupertino California dan pergi ke Reed College di Portland Oregon pada tahun 1972 namun keluar setelah hanya satu semester, tinggal ke "penurunan" pada program yang menarik baginya. Ia mengambil pekerjaan dengan produsen video game Atari untuk mengumpulkan cukup uang untuk perjalanan ke India dan kembali dari sana seorang Buddhis.
Kembali
di Cupertino ia kembali ke Atari mana teman lamanya Steve Wozniak masih
bekerja. Wozniak sedang membangun komputer sendiri dan pada tahun 1976 Jobs
pra-menjual 50 dari yang belum dirapikan komputer ke toko lokal dan berhasil
membeli komponen kredit semata-mata pada kekuatan pesanan, memungkinkan
mereka untuk membangun Apple I tanpa dana sama sekali.
Apple II diikuti pada tahun 1977 dan perusahaan Apple Computer itu dibentuk tak lama kemudian ( maksudnya tak lama setelah Apple I ). Pada saat produksi Apple II berakhir pada tahun 1993 mereka telah menjual lebih dari 6 juta unit.
Pada
tahun 1985 Jobs dipecat dari Apple dan segera mendirikan perusahaan komputer
lain, NeXT.
Sementara itu, pada tahun 1986, Jobs membeli The Computer Graphics Group dari Lucasfilm. Kelompok ini bertanggung jawab untuk membuat perangkat keras komputer grafis high-end tetapi di bawah nama baru, Pixar, ia mulai memproduksi animations.Their komputer yang inovatif gelar pertama di bawah nama Pixar, Luxo Jr (1986) memenangkan pujian kritis dan populer dan pada tahun 1991 Pixar menandatangani perjanjian dengan Disney, dengan siapa sudah memiliki hubungan, untuk menghasilkan serangkaian film, dimulai dengan Toy Story (1995). Pada tahun 1996 Apple membeli NeXT dan Jobs kembali ke Apple, menjadi CEO-nya. Pada tahun 2003, Jobs didiagnosa menderita kanker pankreas dan menjalani operasi di 2004.Despite keberhasilan operasi ini ia menjadi semakin sakit dan menerima transplantasi hati pada 2009. Dia kembali bekerja setelah istirahat enam bulan tapi akhirnya mundur dari jabatannya pada Agustus 2011 setelah periode yang lain cuti medis yang dimulai pada Januari 2011. Dia meninggal pada 5 Oktober 2011. |
34.
Apple II was built in… = Apple II di
dirikan pada ( tahun ).....
A. 1976.
B. 1977.
C. 1993.
D. 1995.
· Indikator : Menentukan tertentu
· Kunci jawaban : B
· Pembahasan : Lihat
Paragraf 5 : “ ....The Apple
II followed in
1977 ....” ( followed : artinya menyusul, maksudnya
di buat menyusul setelah Apple I )
===============================================================================================
35.
Steve Jobs resigned from his position because…
= Steve Jobs mengundurkan diri
dari posisinya karena...
A.
Apple fired him. =
Perusahaan Apple memecatnya
B. he
signed an agreement with Disney. = Dia menandatangani perjanjian
dengan Disney
C. he
won critical and popular acclaim. = Dia memenangkan kritik dan pujian
yang luar biasa
D. his
health condition became worse. = Kondisi kesehatan dia semakin
memburuk
· Indikator : Menentukan informasi tersirat
· Kunci jawaban : D
· Pembahasan :
- Coba
lihat Paragraf 7: “... was diagnosed with pancreatic cancer..: Di diagnosa
menderita penyakit kanker pankreas.
- Coba
lihat Paragraf 7: “...he became increasingly ill and received a liver transplant...” : Dia menjadi semakin sakit
dan menjalani pencangkokan hati.
- Coba
lihat Paragraf 7: “...but eventually resigned his position in August 2011 ...”
: tapi ahirnya mengundurkan diri dari posisinya/ pekerjaanya bulan Agustus
2011.
- Jadi
dari Kalimat di atas bisa di dimpulkan bahwa kondisinya semakin memburuk,
walaupun pada teks tidak ada yang menyebutkan kondisinya semakin memburuk.
===============================================================================================
36.
What did Steve do when he was fired from Apple?
= Apa yang di lakukan Steve ketika dia di pecat dari Apple?
A.
Returning to Atari = Kembali ke Atari
B.
Founding NeXT = mendirikan NeXT
C.
Signing an agreement with Disney = Menandatangani perjanjian dengan Disney
D.
Producing a series of feature films
= Memproduksi rangkaian
film
· Indikator : Menentukan informasi rinci
· Kunci jawaban : B
· Pembahasan :Lihat paragraf 6 “... In 1985 Jobs was fired from
Apple and immediately founded another computer
company, NeXT. Setelah
diberhentikan dari Apple, steve Jobs mendirikan NeXT
================================================================================================
Read
the text to answer questions 37 to 39
Long
ago, there lived a little boy named Sammy. He was a good boy. He was good in
his studies, obedient to
his parents, more
intelligent than many other boys in his class and kind to
everyone.
Now
there was another boy named Timmy who studied in the same class as Sammy.
Unlike Sammy, he was not good at studies and always liked to play during school hours. He misbehaved with his
parents, bullied his classmates and
even ill-treated Sammy.
On his eighth birthday, Sammy got a nice
pen as a gift from his parents. He brought
it to school
so that he could
use it to take
down the notes
of the lectures that the teachers gave in class.
When Timmy saw it, he felt uneasy. He
asked Sammy,
"Hey, where did you get that? Did
you buy it?"
"My parents gave it as a birthday
gift to me." replied Sammy.
Timmy
was overwhelmed with
anger and jealousy.
His parents never gave
him a gift.
He decided to
steal Sammy's pen. During
recess, when everyone had gone out from the class, Timmy opened
Sammy's bag and took out his pen. Then he hid it inside his bag and went
out.
When
Sammy came back
and could not
find his pen,
he informed his class teacher about it. There was a hunt
for the missing pen and the class teacher ordered the class monitor to search
the bag of every children inside the class. The missing pen was soon found
out of Timmy's bag and the furious
teacher asked the errant boy,
"Now Timmy, what do you have to say
about it?"
Timmy was in tears. He had nothing to
say.
|
Dahulu
kala, hiduplah seorang anak kecil bernama Sammy. Dia adalah anak yang baik.
Dia baik dalam studinya, patuh kepada orang tuanya, lebih cerdas daripada
banyak anak-anak lain di kelasnya dan baik kepada semua orang.
Sekarang
ada anak lain bernama Timmy yang belajar di kelas yang sama seperti Sammy.
Tidak seperti Sammy, ia tidak pandai studi dan selalu suka bermain selama jam
sekolah. Dia bertingkah dengan orang tuanya, mengancam teman-teman sekelasnya
dan bahkan memperlakukan buruk terhadap Sammy.
Pada
ulang tahunnya yang kedelapan, Sammy mendapat pena yang bagus sebagai hadiah
dari orang tuanya.Dia membawanya ke sekolah sehingga ia bisa menggunakannya
untuk mencatat catatan dari pejalajan yang guru berikan di kelas. Ketika
Timmy melihat hal itu, ia merasa gelisah. Dia bertanya Sammy,
“
Hey, Dari mana kamu dapat itu? Kamu beli kah?”
“Orangtuaku
memberiku sebagai hadiah ulang tahunku .” jawab Sammy.
Timmy
diliputi rasa amarah dan cemburu. Orang tuanya tidak pernah memberinya
hadiah. Dia memutuskan untuk mencuri pena Sammy. Selama istirahat, ketika
semua orang pergi keluar dari kelas, Timmy membuka tas Sammy dan mengambil
penanya. Lalu ia menyembunyikannya di dalam tasnya dan keluar.
Ketika
Sammy kembali ( ke kelas )dan tidak menemukan penya. ia memberitahukan itu
kepada guru kelas. Diadakan pencarian pena yang hilang dan guru kelas
memerintahkan petugas kelas untuk mencari tas setiap anak di dalam kelas.
Pena yang hilang segera ditemukan di tasnya Timmy dan guru marah dan menanyai
anak bandel itu,
"Sekarang Timmy, apa yang Anda katakan tentang hal itu?" Timmy menangis. Dia tidak bisa mengatakan apa apa. |
37.
Timmy is Sammy’s … = Timmy adalah ....nya Sammy
A. brother.
= saudara laki-laki
B. cousin.
= paman
C. nephew.
= keponakan
D. classmate.
= teman sekelas
· Indikator :
Menentukan informasi rinci
· Kunci jawaban :
d
· Pembahasan :
· Timmy adalah teman seekelas Sammy.Hal ini dapat dilihat
di paragraph 2.
================================================================================================
38.
Timmy decided to steal Sammy's pen because…
= Timmy memutuskan untuk
mencuri penya Sammy karena...
A. he
wanted the pen. = dia inginkan pen itu
B. the
teacher asked him. = guru bertanya kepadanya
C. his
friends made him angry. = kawanya membuatnya marah
D. he
was jealous of Sammy. = dia cemburu / iri kepada Sammy
· Indikator : Menentukan informasi tersirat
· Kunci jawaban : D
· Pembahasan : Karena cemburu / iri ( lihat paragraf 4 )
================================================================================================
39. What
did Timmy do to Sammy’s new pen? = Apa
yang Timmy lakukan dengan pen Sammy yang baru?
A. He
hid it inside his bag. = dia menyembunyikan pen itu di tasnya
B. He
threw it to the dustbin. = dia membuangnya di kotak sampah
C. He
put it in the teacher’s bag. = Dia meletakkan pen itu di
dalam tas gurunya
D. He
gave it to his friend. = dia memberikanya ke kawanya
· Indikator : Menentukan informasi rinci
· Kunci jawaban : A
· Pembahasan : Yang
dilakukan Timmy adalah menyembunyikan pena tersebut ke dalam tasnya. Lihat paragraf 4 “...Timmy opened Sammy's
bag and took out his pen. Then he hid it inside his bag and went out..”
=============================================================================
Read
the text to answer questions 40 to 42
One
day a man was going to market with his son and his ass. They met a
couple on the way.
"Why
walk when you have an ass to ride?" called out the husband,
"seat
the boy on the ass."
"I
would like that," said the boy, "help me up father."
And
the father did that willingly. Soon they met another couple.
"How
shameful of you!" cried the woman,
"let your father ride, won't he be
tired?"
So,
the boy got down and the father rode the ass. Again they marched on.
"Poor boy",
said the next
person they met,
"why
should the lazy
father ride while his son is
walking?"
So,
the boy got onto the ass too. As they went on, they met some travelers.
"How cruel
of them!" They
are up to
kill the poor
ass." cried one
of the travelers.
Hearing
this, the father and the son got down. Now they decided to carry the ass on
their shoulders. As they did so, the travelers broke into laughter.
The
laughter frightened the ass. It broke free and galloped away.
|
Suatu
hari seorang pria pergi ke pasar dengan anaknya dan seekor keledai. Mereka bertemu
sepasang suami istri di jalan.
"Mengapa
berjalan sedangkan anda memiliki keledai untuk di naiki?" kata suami,
"dudukkan
anak itu di punggungnya."
"Saya
mau itu," kata anak itu,
"bantu saya ayah."
Dan ayah melakukan itu dengan senang hati.Tak lama kemudian mereka bertemu sepasang suami istri yang lain.
"Alangkah
memalukan kamu!" teriak wanita itu,
"Biarkan
ayahmu naik, tidak kah ia lelah?"
Lalu, anak itu turun dan ayah naik keledai. Mereka lanjutkan lagi perjalanan mereka.
" Kasihan anak itu”. kata orang
berikutnya mereka bertemu,
"Mengapa
ayah yang malas itu harus naik sementara anaknya berjalan?"
Lalu, anak itu naik ke keledai itu juga. Ketika perjalanan berikutnya, mereka bertemu dengan beberapa wisatawan.
"Alangkah
kejamnya mereka!" Mereka sampai hati menyiksa keledai yang kemah itu".
Teriak salah satu wisatawan.
Mendengar
hal ini, ayah dan anak itu turun. Sekarang mereka memutuskan untuk membawa
keledai di pundak mereka. Ketika mereka melakukannya, para wisatawan tawa.
Ketewa dari para wisatawan itu menakuti keledai. Keledai itu jatuh dan berlari |
40. How did the man feel when he put the boy
on the ass? = Bagaimana rasanya
laki-laki itu ketika dia mendudukkan anak
itu di punggung kuda
A. Sad
B. Cruel
C. Happy
D. Jealous
· Indikator : Menentukan informasi tersirat
· Kunci jawaban : C
· Pembahasan : Sang ayah melakukannya dengan senang hati, Lihat
baris ke 7 “And the father did that
willingly.” :
Dan ayah itu melakukanya dengan senang hati . Willing : artinya dengan rela / dengan
senang hati.
==============================================================================================
41.
“Now they decided to carry the ass on
their shoulders.” = Sekarang mereka
memutuskan untuk memikul kuda itu di
pundak mereka
The word
“ they” in the sentence refers to…
= Kata
“ Mereka “ pada kalimat itu yang di maksud adalah...
A. the
travelers. = para pejalan
B. the
boy and his father. = anak laki-laki dan ayahnya
C. the
boy and the ass. = anak laki-laki dan keledai
D. the
travelers and the ass. = para pejalan kaki dan keledai
· Indikator : Menentukan rujukan kata dalam
teks
· Kunci jawaban : B
· Pembahasan : ( Lihat baris 20-21 ) Kata they dalam
kalimat tersebut merujuk pada anak laki-laki itu dengan ayahnya.
================================================================================================
42.
What can we learn from the story? = Apa yang bisa kita ambil hikmah dari
cerita di atas?
A. You
cannot please everyone. = Kamu tidak bisa menyenangkan semua
orang
B. We
should help other people. = Kita harus membantu orang lain
C. Do
not believe anybody else. = Jangan percaya pada orang lain
D. You
must take your child with you. = Kamu harus mengajak anakmu kemana saja
· Indikator : Menentukan pesan moral dalam
teks
· Kunci jawaban : A
· Pembahasan : Pesan moral dari cerita tersebuta adalah
bahwa kita tidak bisa menyenangkan semua orang.
================================================================================================
For
questions 43 to 45, complete the text with appropriate words.
Over a
river there was a very narrow bridge. (43)… a goat was crossing this bridge.
Just at the middle of the bridge he (44)…another goat. There was no room for
them to pass.
“....(45)
… " said one goat to the other, "there is no room for both of
us".
"Why
should I go back?", said the other goat. "Why should not you go
back?"
|
Di
atas sebuah sungai, ada sebuah jembatan yang sempit. (43)... seekor kambing
sedang melintasi jembatan tersebut. Ketika di tengah jembatan dia
...(44)...kambing yang lain. Tidak ada ruang yang untuk mereka untuk
melintas. “...(45)...” kata salah satu kambing kepada kawanya. “ Tidak ada
ruangan untuk kita berdua”
“
Kenapa saya harus kembali?”, kata kambing yang lain.
“ Kenapa
kamu tidak kembali?”.
|
43.
A. today =
Hari ini
B. one
day =
Suatu hari
C.
tomorrow = besok
D. the
next day = hari berikutnya
· Indikator :
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
· Kunci jawaban : B
· Pembahasan : yang tepat
adalah one day.
================================================================================================
44.
A. kept =
tetap
B.
let = membiarkan, mengijinkan
C.
met = ketemu
D.
said = bilang
· Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk
melengkapi teks rumpang.
· Kunci jawaban : C
· Pembahasan : Jawabanya adalah met : Ketemu
================================================================================================
45.
A. come
here =
kesinilah
B.
come in = masuklah
C. go
ahead =
maju terus
D. go
back =
kembalilah
· Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk
melengkapi teks rumpang.
· Kunci jawaban : D
· Pembahasan : Kata yang
tepat adalah go back.
================================================================================================
For
questions 46 to 48, complete the text with appropriate words.
First,
melt the butter in the (46)… over medium heat. Then, crack open the eggs into
pan (47)… until yolks to at edges
(indicated by
a lightening in
the yolk color).
Using the spatula,
flip the eggs
(48)… and allow cooking ten seconds for over -easy, or
up to one
minute for over-hard. Finally, add salt and pepper to taste, and
serve.
|
Pertama,
cairkan mentega dalam ...(46) ... di atas api dengan panas sedang. Kemudian, pecahkan
telur ke dalam panci. ....(47) ... sampai kuning di tepinya
(ditunjukkan dengan kering dan warna kuning). Gunakan spatula, baliklah telur ... (48) ... dan gunakan waktu memasak sepuluh detik selama lebih-mudah, atau sampai satu menit untuk over-keras. Akhirnya, tambahkan garam dan merica secukupnya, dan melayani. |
46.
A. kettle =
kettle
B.
pan = panci
C.
stove = kompor
D.
spatula = spatula
· Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk
melengkapi teks rumpang.
· Kunci jawaban : B
· Pembahasan : pan
================================================================================================
47.
A.
let = biarkan
B.
make = buatlah
C.
start = mulailah
D.
stop to = berhentilah
· Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk
melengkapi teks rumpang.
· Kunci jawaban : A
· Pembahasan : Let
================================================================================================
48.
A.
carelessly =
sembrono / ceroboh / asal –asalan / tidak hati- hati
B.
reluctantly = pelan - pelan
C.
carefully = hati hati
D.
immediately = segera
· Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk
melengkapi teks rumpang.
· Kunci jawaban : C
· Pembahasan : carefully.
===============================================================================================
49.
Arrange these words into a good sentence.
the
|
yesterday
|
attractive
|
was
|
my
|
life
|
most
|
school
|
day
|
of
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
The
best arrangement of the words is…. =
Susunan kata yang paling baik adalah ...
A
|
2
|
4
|
5
|
8
|
6
|
10
|
1
|
3
|
7
|
9
|
B
|
2
|
4
|
1
|
7
|
3
|
9
|
10
|
5
|
8
|
6
|
C
|
5
|
6
|
4
|
1
|
7
|
3
|
8
|
9
|
10
|
2
|
D
|
5
|
8
|
6
|
2
|
4
|
1
|
7
|
3
|
10
|
9
|
· Indikator : Menentukan susunan kata yang tepat
untuk membuat kalimat sederhana yang bermakna.
· Kunci jawaban :
· Pembahasan : Susunan kata yang paling tepat adalah “
Yesterday was the most attractive day of my school life”. = Kemarin adalah hari yang paling
menyenangkan di kehidupan sekolah ku
================================================================================================
50.
Arrange the following sentences into a good paragraph. =
Susunlah Kalimat berikut kedalam paragraf yang baik
1) It is at 69 Sultan Agung Street. =
Dia berada di jalan Sultan Agung No 69
2) I put the computer on my table. =
Saya meletakkan komputer di atas meja saya
3) I love my office because it is very
comfortable. = Saya mencintai kantor saya karena dia sangat nyaman
4) This is my office. =
Ini adalah kantor saya
5) There is also a cupboard near my table. =
Ada juga almari di dekat meja saya
6) In my office there is a set of personal
computer. = di kantor saya ada satu set komputer pribadi
7) I keep some books in the cupboard. =
Saya menyimpan beberapa buku di almari saya
The
best arrangement of the sentences is…. =
Susunan yang terbaik untuk kalimat ini adalah ...
A
|
3
|
6
|
2
|
4
|
1
|
5
|
7
|
||
B
|
3
|
4
|
1
|
5
|
7
|
6
|
2
|
||
C
|
4
|
3
|
1
|
6
|
2
|
7
|
5
|
||
D
|
4
|
1
|
6
|
2
|
5
|
7
|
3
|
· Indikator : Menentukan susunan kalimat yang tepat
untuk membuat paragraf deskriptif yang padu dan bermakna
· Kunci jawaban : d
· Pembahasan : Susunan teks descriptive dimulai dari
identifikasi, yang tertulis dalam kalimat ke
empat.Setelah itu diikuti dengan description.
===============================================================================================
Tidak ada komentar:
Posting Komentar