Senin, 23 Maret 2015

CONTOH SOAL UN



CONTOH SOAL DAN PEMBAHASANNYA
UN BAHASA INGGRIS SMP/MTS 2013
 

Read the text to answer questions 1 and 2 
A blessing upon your NEW HOME
A blessing on your new hearh, a blessing upon your new dwelling,
Upon your newly kindled fire

1.  What is the text about?                                                                      = Tentang apa tek itu
A.  Opening of a new shop                                                             = Pembukaan toko baru
B.  Description of a new home                                                        = Gambaran tentang rumah baru
C.  Advertisement on a new restaurant                                          = Iklan pada rumah baru
D.  Congratulation to someone on moving to a new house        = ucapan selamat pada perpindahan ke rumah baru

·       Indikator                : Menentukan gambaran umum, teks fungsional pendek Greeting Card.
·       Kunci jawaban       : D 
·       Pembahasan         :  “ a blessing “ ( = semoga diberkati ), “ new home “ ( rumah baru ) , “ new
                                 dwelling “ (= rumah baru ) , “new hearth” ( tempat tidur baru ).
=============================================================================
2.  “ a blessing upon your new  dwelling ” The underlined  word has similar meaning  with…   = semoga runah barumu selalu di
     berkati . Kata yang bergaris bawah memiliki makna yang sama dengan....
A.  family                      = keluarga
B.  houes                      = rumah
C.  street                       = jalan
D.  room                       = ruang

·       Indikator                 : Menentukan makna kata/frasa dalam teks fungsional pendek. 
·       Kunci jawaban        : B 
·       Pembahasan          : Sudah jelas
=============================================================================
  Read the text to answer questions 3 to 5
Dear Mira,
I am sorry I have to tell you that I can’t come to your house to work on our project as we have planed before. Unexpected thing happened, My grandma must be hospitallized soon. I’ll tell you about our plan later
Mira Sayang,
Maaf Saya harus katakan padamu bahwa saya tidak bisa datang kerumahmu untuk mengerjakan proyek kita seperti yang telah kita rencanakan, Nenekku harus di inapkan di rumah sakit secepatnya. Saya akan kasih tahu kamu tentang proyek kita kapan kapan.

3.  What is the message about?                       = pesan ini tentang apa ( isinya)
A.  A sick grandma                                     = nenek yang sakit
B.  A delay of an activity                             = penundaan kegiatan
C.  A Working project                                = pekerjaan proyek
D.  A great plan                                           = rencana besar
. 
·       Indikator                        : Menentukan gambaran umum teks fungsional pendek 
·       Kunci jawaban              : B    
·       Pembahasan                : Karena ada kata “ I can’t come to your house... Dan kata .......I’ll tell you about our
                                        plan later .... ” berarti Isi  pesan  tersebut  adalah  penundaan
===============================================================================================
4.  Dinda can’t come to Mira’s house because…                 = Dinda tidak datang ke rumah Mira karena....
A.  the project has not planned.                                     = Proyek itu belum di rencanakan
B.  she has to work in the hospital.                                = dia harus mengerjakan di rumah sakit
C.  her grandma is sick.                                                   = neneknya sakit
D.  Dinda must be hospitalized                                       = Dinda harus di rumahsakitkan

·       Indikator                        : Menentukan informasi rinci teks fungsional pendek 
·       Kunci jawaban              : C 
·       Pembahasan                :  Alasan adalah “ my grandma must be hospitalized soon “ ( nenek saya
                                        harus di opname di rumah sakit segera ), berarti pasti sakit.
===============================================================================================
5.  From the message above we know that...                                    = Dari pesan di atas kita tahu bahwa...
A.  Dinda and Mira have to work together on their project.      = Dinda dan Mira harus mengerjakan bersama sama
                                                                                                            proyek mereka
B.  Dinda’s grandma involves in the project .                            = Neneknya Dinda terlibat di proyek itu 
C.  Dinda and her grandma will meet Mira at the hospital.       = Didna dan neneknya akan ketemu Mira di  rumahsakit
D.  Dinda expect Mira to stay in the hospital with her.              = Dinda berharap Mira untuk tinggal di RS dengan dia.

·       Indikator                        : Menentukan informasi tersirat 
·       Kunci jawaban              : A 
·       Pembahasan                : Dari  kata “.....to work on our project as we have planed before”. ( untuk
                                        mengerjakan proyek/  rencana pekerjaan seperti yang sudah kita  rencanakan sebelumnya ).
                                        Dan kata ... I’ll tell you about our plan later Berarti mereka harus  mengerjakan
                                        proyek mereka.
===============================================================================================
Read the text to answer questions 6 and 7 
Do You believe in Fairies?
Brianna’s made a birthday wish
Please help it to come true,
She wants to be a Fairy Princess
And celebrate turning 4 with you!
Brianna Solomon
March 30, 2015 1:00 PM to 3:30 PM
110 Meadow Lane Lazington
Please RSVP to Kathy by March 25th
978-555-1212
Please wear a leotard for costume changing discretion
Apakah anda percaya dengan Bidadari
Brianna telah membuat acara ulang ahun
Tolong bantu agar sukses,
Dia ingin menjadi seorang bidadari
Dan merayakan ultahnya yang ke 4 denganmu
Brianna Solomon
Maret 30, 2015 jam 1:00 Siang sampai 3:30 Sore
( Alamat ) 110 Meadow Lane Lazington.
Tolong pastikan kepada Kathy tgl 25 Maret
(978-555-1212
Mohon untuk memakai pakaian leotard




6.  What is the text written for?                               = untuk apa teks itu di tulis?
A.  To invite somebody to a party                   = untuk mengundang seseorang pada sebuah pesta
B.  To celebrate a new baby                             = untuk merayakan lahirnya seorang anak
C.  To welcome a princess                              = untuk menyambut seorang bidadari
D.  To show the way to Lexington                  = untuk menunjukkan jalan menuju ke Lexington
·       Indikator                        : Menentukan tujuan komunikatif teks.    
·       Kunci jawaban              : A  
·       Pembahasan                : Teks tersebut berupa undangan untuk merayakan ulang tahun  Brianna 
                                        yang  keempat,  bisa  dilihat  dari  beberapa  kata  kunci  misalnya  RSVP. 
                                        Jadi  pilihan  yang  tepat  adalah  to  invite  somebody to a party. 
===============================================================================================
7.  Who should we contact to make a confirmation?                   = Kepada siapa kita harus pastikan?
A.  Brianna                                                                                 
B.  Airy Princess 
C.  Mr. Solomon 
D.  Kathy 
·       Indikator  : Menentukan informasi tertentu 
·       Kunci jawaban  : D 
·       Pembahasan  :  Dalam teks disebutkan “please RSVP to Kathy…” berarti kita harus konfirmasi 
kepada Kathy. 
=============================================================================Read the text to answer questions 8 to 9 
Dear Parents,

We would like to announce the available roster of tutorial services offered by our school. This is part of our after-school academic immersion program:
• Algebra for elementary and high school levels
• History, Science and Chemistry
• Specific subjects for high school levels
Schedule of Sessions: 1 1/2 hours Monday to Friday except holidays.
Class Size Maximum of 10 students.
Fee: Rp,250.000/quarter.
For further information, you may contact our office at 555-2773.

Thank you very much.

Academic Advisor
Pak/Bu
Kami ingin mengumumankan tentang  jadwal pelajaran les yang di tawarkan sekolah kami. Ini adalah program pendalaman materi ( yang dilaksanakan ) setelah jam sekolah.
§  Aljabar untuk tingkat dasar dan tingkat tinggi.
§  Sejarah, Ilmu Pengetahuan dan Kimia
§  Pelajaran khusus untuk siswa tingkat atas
Jadwal tatap muka : 1 ½ jam Senin sampai Jumat kecuali hari libur.
Kelas terbanyak 10 orang
Biaya: Rp250.000 per kwartal
Untuk informasi lebih jelas , hubungi kantor kami  di nomor 555-277
Terimakasih

Penasehat Akademik


8.  What is the announcement about?                               = Tentang apa Pengumuman ini?
A.  Algebra class                                                            = kelas aljabar
B.  Specific subjects for students                                 = pelajaran khusus untuk siswa
C.  The roster of tutorial services                                 = Daftar pelayanan tutorial
D.  History, science, and chemistry lessons              = sejarah, Ilmu Pengetahuan dan pelajaran Kimia
·       Indikator                        : Menentukan gambaran umum teks 
·       Kunci jawaban              : C 
·       Pembahasan                : Secara  umum  teks  tersebut  memberitahukan  tentang  “ ... tutorial
                                        services offered by our school ...” ( tutorial  services  yang  akan
                                        diselenggarakan oleh sekolah )
===============================================================================================   
9.  We can conclude that ...                                                                   = kita bisa menyimpulkan bahwa...
A.  The services are free of charge.                                                = pelayanan itu gratis
B.  The programs will be held during weekend.                           = program ini akan dilaksanakan setiap akhir pekan
C.  There will be no more than 10 students in a class.                 = tidak lebih dari 10 orang siswa dlm 1 kelas
D.  This is not part of after-school academic immersion program.           = ini bukan program pendalaman materi setelah jam
                                                                                                              sekolah
·       Indikator                        : Menentukan informasi tersirat 
·       Kunci jawaban              : C 
·       Pembahasan                : Dalam teks tertulis “...Clacc Size maximem of 10 students.” Berarti dalam
                                        satu kelas tidak boleh lebih dari 10 siswa. 
=============================================================================================== 

Read the text to answer questions 10 to 12 

Naturally stylish.

Make a style statement with a beautifully seamless form factor created using hyperglaze Technology, in your choice of either Marble White or Pebble Blue.

Slim. Light. Ergonomic

The gentle curves and beautiful shapes of nature are created perfectly in a premiun 8.6 mm thin form factor weighing just 133g; making it an effortless fit into your life.

A touch of nature.

 The Touchwiz user interface provides a calming experience that relaxes with it’s soothing sounds as the live wallpaper’s ripples bring an oasis of calm to your day.

All Natural Design

The Samsung GALAXY S III’s comfortable grip and gentle curves reflect it’s organic design, while providing ergonomic comfort that’s human- centric and innovatively natural.

Like what you see?

Let us know by liking this post. Then watch our timeline to find outwhich feature of the Samsung GALAXY S III has gotten everyone talking.

10. What is offered in the advertisement?         = apa yang di tawarkan dalam iklan itu?
A.  Notebook                                                  = buku catatan
B.  Mobile phone                                           = mobile phone
C.  Personal computer                                  = komputer pribadi
D.  Digital camera                                          = kamera digital







·       Indikator                        : Menentukan gambaran umum isi teks 
·       Kunci jawaban              : B 
·       Pembahasan                : Yang ditawarkan dalam iklan tersebut adalah produk berupa handphone
                                        sebagaimana bisa dilihat dari ( visualisasi gambarnya / Cirinya: Naturally Stylish= modelnya
                                        alami / A touch of nature = layar sentuh yang natural / Slim. Light. Ergonomic = Ramping . 
                                        ringan irit / All Natural Design = Semua di rancang dengan sangat natural./ Juga bisa di lihat
                                        dari Nama produknya yakni Samsung
================================================================================================  
11. How many colours does the product offer?  = berapa warna yang di tawarkan oleh produk tersebut.
A.  One 
B.  Two 
C.  Four 
D.  Six  
·       Indikator                        : Menentukan informasi rinci 
·       Kunci jawaban              : B  
·       Pembahasan                : Warna yang tersedia ada dua macam yaitu marble white dan pebble blue. Lihat pada ciri
                                        produk yang ada di kiri atas ada kata “ .....In your choice of either marble white dan pebble
                                        blue..” = di pilihan anda, baik berwarna marmer putih atau warna kerikil biru
===============================================================================================  
12. What reflects Samsung Galaxy III’s organic design?  
A.  Comfortable grip and gentle curves 
B.  Shooting sounds 
C.  Live wallpaper’s ripples  
D.  Beautifully seamless form 
·       Indikator                        : Menentukan informasi rinci 
·       Kunci jawaban              : A 
·       Pembahasan                : Dalam teks tertulis “The Samsung GALAXY III’s. comfortable grip and gentle curves reflect its
                                        organic design.”  
===============================================================================================  
Read the text to answer questions 13 to 15 
Dear Frank: 

It's been said that "A friend in need, is a friend indeed.".
No words could better  describe what your friendship has meant to us over the years.  
Marie and I appreciate your taking the kids out to dinner last Thursday, so that  we could be with her mom at the hospital. 
It's wonderful to have friends like you,  who are always there for us when we need you most.  
Marie and I want you to know that we cherish your friendship. Should you ever  need us in any way, please don't hesitate to call on us. 



With warm affection, 


Tim and Marie 

Dear Frank:

Ada (pepatah) bahwa “ Teman yang sebenarnya adalah teman yang yang bisa di butuhkan”. Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan kebaikanmu terhadapku selama ini.
Marie ( istri istri Tim ) dan Saya menghargai ( maksutnya terimakasih sekali ) bahwa anda telah mengajak anak-anak ( maksudnya anak-anak Tim dan Marie ) keluar makan malam pada hari kamis yang lalu, sehingga kami bisa ke Rumah sakit dengan ibunya anak-anak. Nyaman rasanya memiliki teman seperti anda,( maksudnya Frank ) yang selalu disana ( maksudnya selalu ada ) untuk kami ketika kami sangat memerlukan anda.
Marie dan Saya ingin anda tahu bahwa kami menghargai kebaikan anda.
Sudikah kiranya jika kamu perlu kami  apa saja, tidak usah ragu untuk memanggilku.

( Salam ) hangat

Tim dan Marie

13. Who took the kids out to dinner?       = Siapa yang mengajak anak-anak makan malam keluar?
A.  Mary and her mom 
B.  Tim and Marie 
C.  Marie 
D.  Frank. 
·       Indikator                        : Menentukan informasi tertentu 
·       Kunci jawaban              : D 
·       Pembahasan                : Yang  mengajak  anak-anak  makan malam  di  luar adalah  Frank,  karena  kata  you” dalam
                                        surat tersebut merujuk pada si penerima yaitu Frank.
================================================================================================  
14. From the text we know that…                                                    = dari ( membaca ) teks tsb kita tahu bahwa...
A.  Marie was hospitalized.                                                       = Marie di rumah sakit
B.  Frank is Marie’s  brother.                                                     = Fran adalah saudara (LL) nya Marie
C.  Tim and Marie were very grateful to Frank.                       = Tim dan Marie sangat berterimakasih kepada Frank
D.  Tim and Marie could not visit Marie’s mom in the hospital.                 = Tim dan Marie tak dpt ngunjungi ibunya Marie di RS
·       Indikator  : Menentukan informasi tersirat 
·       Kunci jawaban  : C 
·       Pembahasan  : Surat itu mengekspresikan rasa terima kasih Tim dan Marie atas bantuan yang diberikan Frank. 
===============================================================================================  
15. “ Marie  and  I  want  you  to  know  that  we  cherish  your  friendship. 
The word  Cherish means…         = Kata Cherish maksudnya adalah...
A.  know.                                         = tahu
B.  hate.                                           = benci
C.  appreciate.                                = menghargai
D.  misunderstand.                        = salah pengertian
·       Indikator                        : Menentukan makna kata/frasa dalam teks 
·       Kunci jawaban              : C 
·       Pembahasan                : Kata cherish bermakna menghargai, jadi padanan yang sesuaiadalah appreciate. 
================================================================================================  








Read the text to answer question 16 
16. The above caution means ...                                               = Caution di atas maksudnya adalah...
A.  we need to buy eye-protection equipment.                 = kita perlu membeli alat pelindung mata
B.  It is very easy to find eye-protection equipment.        = sangat mmudah mencari alat pelindung mata
C.  some students are using eye-protection equipment.            = beberapa pelajar sedang menggunakan alat pelindung mata
D.  it is very important to wear eye protection equipment.         = memakai alat pelindung mata sangat penting

·       Indikator              : Menentukan makna teks fungsional pendek   
·       Kunci jawaban     : D 
·       Pembahasan       : Kata MUST BE WORN = harus di pakai. Berarti very important to wear = penting memakai
===============================================================================================  
Read the text to answer questions 17 to 19 
The Rising Stars

    The success of Harry Potter movies has made Daniel Radcliffe, Emma  Watson, and Rupert Grint the centre of public attention. The three rising stars have  grown up on screen and grown into his or her role as an actor.
Radcliffe was born in Fulham, London, 23 July 1989. His nickname is Dan. He is the only child of Alan Radcliffe and Marcia Gresham. Dan has dark brown hair and blue eyes. His height is about 168 cm. He is a loyal, shy, down-to-earth, and 
humorous person. He is also intelligent and somewhat mysterious. He loves football, Formula One racing and gymnastics.  
    Emma Charlotte Duerre Watson was born in Paris, France, 15 April 1990. Her nickname is Emma. She is the daughter of Chris Watson and Jacqueline Luesby. She lived in Paris until the age of five before she moved with her mother 
and younger brother Alexander to Oxford, England. Emma has wavy brown hair. Her height is 165 cm. She is an open-handed, friendly, and determined person. She also said that she is a little bit stubborn. Emma loves dancing, singing, tennis and  art.  
    Rupert Alexander Grint was born in Hertfordshire, England, 24 Au-gust, 1988. His nickname is Rupert. He is the oldest son of Nigel Grint and Jo Parsons.  Rupert has bright red hair. His height is 180 cm. He is an active and humorous person. He is also very humble.   However, he is the shyest of the three Harry Potter co-stars. Rupert is arachnophobia. It means that he is afraid of spiders. He likes all kinds of music, but his favorite is classic rock and roll. His favorite school subject is Chemistry. These Hogwarts trio have been really great associates, not only on screen but also in real life. Their secret of friendship is that they always understand each other although they have different backgrounds and personalities. 

Bintang yang sedang naik

Kesuksesan film Harry Poter telah membuat Saniel Raddiffe, Emma  Watson, dan Rupert Grint sebagai pusat perhatian publik. Tiga bintang yang sedang naik daun itu telah besar di dunia layar lebar dan berperan sebagai actor.
Radcliffe di lahirkan di Fulham, London, 23 July 1989. Nama panggilanya adalah Dan. He is anak tunggal dari pasangan  Alan Radcliffe and Marcia Gresham. Dan berambut coklat hitam dan bermata biru. Tingginya sekitar 168 cm. Dia sangat loyal, pemalu, lugu, dan sangat humoris.Dia juga cerdas dan misterius. Dia suka sepak bola, balap mobil formula satu dan senam.
Emma Charlotte Duerre Watson lahir di Paris, perancis, 15 April 1990. Nama panggilanya Emma. Dia anak dari pasangan Chris Watson and Jacqueline Luesby. She tinggal di Paris sampai umur 5 thn sebelum dia pindah dengan ibunya dan abangnya Alexander ke  Oxford, England. Emma memiliki rambut coklat berombak. Tingginya  165 cm. Dia bersifat pemurah, ramah, dan gigih. Di juga bilang bahwa dia agak keras kepala. Emma senang menari, nyanyi, tennis dan seni.
Rupert Alexander Grint lahir di Hertfordshire, England, 24 Agustus, 1988. His nama panggilanya Rupert. Dia anak tertua dari pasangan Nigel Grint and Jo Parsons.  Rupert mempunyai rambut merah terang. Tingginya 180 cm. Dia seorang yang aktive dan humoris. Dia juga sangat rendah hati. Namun dia paling pemalu diantara tiga tokoh di Harry Potter itu. Rupert adalah seorang arachnophobia ( takut laba-laba ). Dia suka segala jenis musik, tapi favoritnya adalah klasic rock dan roll.pelajaran yang paling di sukai adalah kimia. Hogwarts trio telah menjadikan mereka  persahabatan yang  benar-benar hebat, tidak hanya di layar tetapi juga dalam kehidupan nyata. Rahasia mereka persahabatan adalah bahwa mereka selalu saling memahami meskipun mereka memiliki latar belakang dan kepribadian yang berbeda

17. What is the text about?                                        = Tentang apa teks ini?
A.  The life of Harry Potter stars                          = kehidupan para bintang dalam film Harry Potter
B.  The making of Harry Potter movies              = pembikinan film Harry Potter
C.  The success of Harry Potter series              = keberhasilan film Harry Potter
D.  The description of the stars of Harry Potter           = gambaran para bintang dalam film Harry Potter
·       Indikator              : Menentukan gambaran umum isi teks 
·       Kunci jawaban     : D 
·       Pembahasan       : Teks tersebut berisi deskripsi trio yang membintangi HarryPotter. 
================================================================================================
18. “She is an  openhanded, friendly, and determined person.      = Dia seorang yang pemurah, ramah, dan gigih    .
     ” The underlined word is  similar in meaning with…        = Kata yang bergaris bawah bermakna sama dengan ...
A.  generous.               = pemurah
B.  grateful.                   = berterimakasih
C.  wealthy.                  = kaya
D.  mean.                      = berarti
·       Indikator              : Menentukan makna kata/frasa  
·       Kunci jawaban     : A 
·       Pembahasan       : Kata openhanded bermakna pemurah, padanannya adalah generous. 
===============================================================================================  
19. From the text we know that the three rising stars are…   = dari teks itu kita tahu bahwa tiga bintang tenar ini adalah ...
A.  good friends.                                  = kawan yang baik
B.  only good while on screen.          = hanya kawan baik ketika di layar
C.  jealous with each other.                 = cemburu antara satu dengan yang lain
D.  not willing to help each other.      = tidak ingin membantu satu sama lain
·       Indikator              : Menentukan makna tersirat  
·       Kunci jawaban     : A 
·       Pembahasan       : Ketiga  sahabat itu memang sahabat sejati, bukan hanya di layar film saja tetapi juga dalam
                              kehidupan sehari-hari. 
===============================================================================================  


Read the text to answer questions  20 to 22 
Gontor 5 for Girls 
Gontor  5  for  Girls  is  a  school  located  in  Kandangan,  Pare,  Kediri,  East Java. On its 4th age, the institution, inhabited by 529 students and 65 teachers, directed  by  Mr.  H.  Agus  Mulyana,  S.Ag.,  always  develops  and  keeps  its  existence. It is a boarding school. All students live in dormitories. So, they do  everything together.  
Students get up early in the morning and do their dawn prayer. Then they take a bath and have breakfast together. Before the morning classes start, they return to their bedroom to make the beds and clean the rooms. After school they usually do sports or other extracurricular activities. 
In the evening they have dinner together. Then they prepare themselves for  the  next  day.  Some  of  them  do  their  homework  and  others  study  or  read books.  Before  they  go  to  bed,  they  have  time  to  relax.  They  chat  with  their friends or read magazines. 
 

Gontor 5 for Girls adalah sekolah yang terletak di Kandangan, Pare, Kediri, Jawa Timur. Pada usia ke-4, lembaga, dihuni oleh 529 siswa dan 65 guru, di pmpin oleh Bapak H. Agus Mulyana, S.Ag., yang selalu mengembangkan dan menjaga keberadaannya. Ini adalah sekolah asrama. Semua siswa tinggal di asrama. Jadi, mereka melakukan segala sesuatu bersama-sama.
Siswa bangun pagi-pagi dan melakukan sholat subuh mereka. Kemudian mereka mandi dan sarapan bersama-sama. Sebelum kelas pagi mulai, mereka kembali ke kamar tidur mereka untuk merapikan tempat tidur dan membersihkan kamar. Setelah sekolah biasanya mereka melakukan olahraga atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya.
Di malam hari mereka makan malam bersama. Kemudian mereka mempersiapkan diri untuk hari berikutnya. Beberapa dari mereka melakukan pekerjaan rumah mereka dan yang lain belajar atau membaca buku. Sebelum mereka pergi tidur, mereka memiliki waktu untuk bersantai. Mereka mengobrol dengan teman-teman mereka atau membaca majalah.


20. From the text we know that the students of Gontor 5 for Girls are…   = dari teks itu kita tahu bahwa siswa Gontor 5 Girls
                                                                                                                      adalah ....
A.  Lazy and slow.                                = malas dan lamban
B.  Active and. responsible                 = aktive dan bertanggung jawab
C.  Reactive and rebellious.                = reaktive dan nakal
D.  independent and enthusiastic.     = bebas dan bersemangat
·       Indikator              : Menentukan makna tersirat  
·       Kunci jawaban     : B 
·       Pembahasan       : Dari kebiasaan sehari-hari yang dilakukan para siswa menunjukkan bahwa mereka  merupakan
                              siswa yang aktif dan bertanggung jawab, 
================================================================================================  
21. What is the main idea of the last paragraph?                = apa ide utama pada paragraf  terakhir?
A.  Students extracurricular activities in the morning.                 = kegiatan ekstra dia dakan pagi hari
B.  Students have many activities in the evening.         = siswa memiliki banyak kegiatan di sore hari
C.  Studentsdo their homework in the evening.            = siswa mengerjakan PR mereka di sore hari
D.  Students chat with their friend  before going to bed.            = siswa ngobrol sebelum tidur

·       Indikator              : Menentukan pikiran utama paragraf  
·       Kunci jawaban     : B 
·       Pembahasan       :  Jawaban A salah karena Ekstra kurikuler terdapat di paragraf 1. / Jawaban B benar karena di paragraf terakhir memang menyebutkan banyak kegiatan seperti:dinner , prepare for the next day, do homework, study, read books, relax, chat , read magazines.  / Jawaban C salah karena bukan hanya itu yang di kerjakan siswa. / jawaban D salah karena bukan hanya itu yang di lakukan oleh siswa.
================================================================================================  
22. When do the students make the beds and clean the rooms?  = kapan siswa merapikan tempat tidur dan membersihkan
                                                                                                          kamar?
A.  After they get up                              = setelah bangun tidur
B.  Before they do their dawn prayer            = sebelum mereka sholat subuh
C.  Before they take a bath                   = sebelum meraka mandi
D.  Before the morning classes start             = sebelum kelas pagi mulai
·       Indikator              : Menentukan informasi rinci tersurat 
·       Kunci jawaban     : D 
·       Pembahasan       : Lihat paragraf ke 2  “.......Before the morning classes start...”
================================================================================================  
Read the text to answer questions 23 to 25 
Mahogany
    In the natural rainforest, Mahogany is a very large canopy tree, sometimes reaching  over  150  feet  in  height,  with  trunks sometimes  more  than  6  feet  in diameter above a large basal buttress. It is a generally open-crowned tree, with gray to brownish-red fissured bark.  
    Mahogany is perhaps the most valuable timber tree in the whole of Latin  America and has been heavily exploited for most of this century. Mahogany is becoming increasingly rare, and is already extinct in parts of its original range. It  is  listed  as threatened  in  "Arboles  Maderables  en  Peligro  de  Extinción en Costa Rica.
    Mahogany varies from yellowish, reddish, pinkish, or salmon colored when freshly cut, to a deep rich red, to reddish brown as the wood matures with age.
    Mahoni
Di hutan hujan alami, Mahoni adalah pohon kanopi ( tinggi ) yang sangat besar, kadang-kadang mencapai lebih dari 150 meter tingginya, dengan batang kadang-kadang berdiameter lebih dari 6 kaki di ukur dari dasar yang paling besar. Mahoni Ini adalah pohon yang biasanya bermahkota terbuka, dengan berbagai warna dari abu-abu sampai coklat-kemerahan berkulit pecah-pecah.
Mahoni mungkin pohon yang paling berharga di seluruh Amerika Latin dan telah banyak dimanfaatkan di abad ini. Mahoni menjadi semakin langka, dan sudah punah unsur aslinya. Tercatat pernah terancam kepunahanya di "Arboles Maderables en Peligro de Extinción en Kosta Rika
Mahoni bervariasi dari warna kekuningan, kemerahan, merah muda, atau berwarna salmon ( coklat seperti ikan salmon ) ketika baru dipotong, ada yang  warna merah, sampai merah kecoklatan jika sudah dewasa.

23. How large can Mahogany be?      = Bisa seberapa besar pohon mahoni?
A.  Less than 5 feet in diameter     = dengan diameter kurang dari 5 kaki
B.  More than 6 feet in diameter    = dengan diameter lebih dari 6 kaki
C.  About 100 feet in diameter       = dengan diameter sekitar 100 kaki
D.  Over 150 feet in diameter         = dengan diameter lebih dari 150 kaki
·       Indikator              : Menentukan informasi tertentu 
·       Kunci jawaban     : B 
·       Pembahasan       :  Lihat paaragraf 1 baris ke 3
===============================================================================================  





24. What makes Mahogany becoming increasingly rare?                = Apa yang membuat pohon mahoni semakin langka?
A.  Its size                  = ukuranya
B.  Its exploitation    = penebangan
C.  Its quality             = kualitasnya
D.  Its value               = isinya
·       Indikator              : Menentukan informasi rinci    
·       Kunci jawaban     : B 
·       Pembahasan       :  Lihat paragraf 2 baris ke 2  “ ...and has been heavily exploited...” = dan telah banyak di tebangi
===============================================================================================  
25. “… is  extinct  in  parts  of  its  original  range.            = “... sudah punah ( yang asli )
The  underlined  word  means…                     = kata yang bergaris bawah artinya ...
A.  survive                                 = hidup
B.  vanish                                 = lenyap
C.  stay alive                             = tetap hidup
D.  uncommon                         = tidak umum. ( Un = tidak common =umum )
·       Indikator              : Menentukan makna kata/frasa  
·       Kunci jawaban     : B  
·       Pembahasan       : Kata extinct bermakna punah, padanannya adalah vanish. 
================================================================================================  
Read the text to answer questions 26 to 28 
INGREDIENTS 
1 Small chicken, cut into pieces 
2 cups fresh coconut milk (or 200 ml thick coconut milk and 200 ml water) 
GRINDED SPICES 
Shallots, garlic, galangal, lemongrass, cumin, salt, pepper, coriander 
COOKING DIRECTIONS 
Boil chicken.  Allow 2 cups of broth to remain in the pot. 
Fry the grinded spices with 2 spoons of vegetable oil. 
Add the spices into the boiled chicken; turn to low heat until it is tender. 
Add the coconut milk, stir, continue simmer to enhance flavor. 
Serve your white chicken curry while hot. 
BAHAN
1 ayam kecil, potong-potong
2 cangkir susu kelapa segar (atau 200 ml santan kental dan 200 ml air)
BUMBU YANG DIGILING / DIHALUSKAN
Bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, jintan, garam, merica, ketumbar
CARA MEMASAK
Rebus ayam. Biarkan 2 cangkir kaldu untuk tetap di dalam pot.
goreng bumbu yang dihaluskan dengan 2 sendok minyak sayur.
Tambahkan bumbu ke dalam ayam rebus; putar ke posisi panas rendah sampai daging empuk.
Tambahkan santan, aduk, didihkan terus untuk meningkatkan rasa.
Sajikan kari ayam putih selagi panas

26. What is the text about?                         = Tentang apa teks tersebut?
A.  How to grind spices                       = Bagaimana cara menghalusksn bumbu
B.  How to fry chicken                          = Bagaimana menggoreng ayam
C.  How to make thick coconut milk  = Bagaimana membuat santan kental
D.  How to cook white chicken curry            = Bagaimana memasak kari ayam putih
·       Indikator           : Menentukan gambaran umum isi teks 
·       Kunci jawaban            : D 
·       Pembahasan    : Teks tentang cara masak kari ayam ( Lihat baris terakhir “ Serve your white chicken curry while hot”
================================================================================================
27. Why do we need to simmer after adding coconut milk?             = Kenapa kita perlu mendidihkan setelah ditambahkan santan?
A.  To make the chicken tender                                      = untuk membuat ayam agar lembut
B.  To get attractive color                                                 = untuk mendapatkan warna yang menarik
C.  To make the curry spicy                                             = untuk membuat kari enak
D.  To enhance flavor                                                      = untuk meningkatkan rasa
·       Indikator           : Menentukan informasi tersirat dalam teks 
·       Kunci jawaban            : D 
·       Pembahasan    : Tujuannya  adalah  agar  santan  meresap  sehingga  rasanya  lebih  lezat,  sebagaimana  tertulis 
                           dalam  teks  “Add coconut stir, simmer to enhance flavor.”  
===============================================================================================  
28. “… turn to low heat until  it is tender.”           = kurangi panasnya sampai lembut ( dagingnya )
The word it refers to…                         = Kata it maksudnya adalah...
A.  heat                   = panas
B.  spice                 = bumbu
C.  chicken            = daging ayam
D.  vegetable oil    = sayuran
·       Indikator           : Menentukan rujukan kata dalam teks 
·       Kunci jawaban            : C 
·       Pembahasan    : Yang dimaksud it adalah chicken, 
================================================================================================  
Read the text to answer questions 29 to 30 
How to Remove Ballpoint Pen Ink Stains From Fabric  Instructions 
Things You'll Need: 
   Paper towels  
   Clean cloth  
   Hair Spray  
   Terry Washcloths  
   Sponges  
   Rubbing Alcohol  
   Nail Polish Remover  
   Laundry Pretreatment  
  Liquid Bleach  
Cara Hapus noda tinta pen Ballpoint Dari Kain
instruksi
Barang-barang yang Anda butuhkan:
• handuk kertas
• kain Bersih
• Semprot rambut
• Kain lap Terry
• Spons
• Alkohol penggosok
• Nail Polish Remover
• Laundry Pretreatment
• Cairan pemutiih

Steps: 
1.  Sponge the stain with water to remove as much ink as possible. 
2.  Allow the spot to dry. 
3.  Set the affected area face down on a clean cloth or paper towels. 
4.  Spray the back side of the stain with hairspray, or apply rubbing alcohol 
or nail polish remover. 
5.  Blot the back side with a clean terry cloth washcloth to further remove 
as much ink as possible. 
6.  Apply laundry pretreatment. 
7.  Wash in warm water. 
8.  Air dry. 

langkah-langkah:
1. Gosok noda dengan air untuk menghilangkan tinta sebisa mungkin
2. Biarkan sampai kering.
3. Gosoklah bagian yang terkena noda dengan kain bersih atau  kertas lap.
4. Semprotkan sisi belakang noda dengan hairspray, atau gosoklah dengan  alkohol.
5. Blot sisi belakang dengan kain lap bersih atau kain terry
6. Siapkan untuk masuk mesin laundry.
7. Cuci dengan air hangat.
8. Pengering dengan udara


29. According to the text, we do not need to…                  = menurut teks, kita tidak perlu ....
A.  wash the cloth                                          = mencuci kain
B.  dry the spot                                              = mengeringkan noda
C.  apply laundry pretreatment                     = siap siap untuk mencuci
D.  use dryer                                                   = menggunakan pengering
·       Indikator           : Menentukan informasi tersirat   
·       Kunci jawaban            : D 
·       Pembahasan    : Yang ditanyakan adalah apa yang tidak di perlukan.
                         Jawaban A perlu ( lihat langkah no 6 ). Jawaban B perlu ( lihat langkah no 8 ). Jawaban C perlu ( lihat
                         langkah no 6 ). Jawaban D tidak perlu menggunakan alat pengering. ( lihat langkah no 8: Air dry,
                         supaya mengeringkanya dengan di anginkan)
================================================================================================
30.  “Allow the  spot to dry.”                                      = Biarkan noda itu kering
       The  underlined word has similar meaning to….       = Kata yang bergaris bawah mempunyai arti yang sama dengan...
A.  ink.              = tinta     
B.  cloth.           = pakaian
C.  mark.           = tanda
D.  fabric.          = kain
·       Indikator  : Menentukan makna kata/frasa  
·       Kunci jawaban  : c 
·       Pembahasan  : Persamaan kata yang tepat untuk spot adalah mark, yaitu area atau tanda noda pada kain
================================================================================================  
Read the text to answer questions 31 to 33 
My Worst Mistake
 
Hi Diary, 
I’ve just had the worst day ever!  It all began at morning break. This horrible boy came over and pushed me for no reason.  When I pushed him back, I was the one who got into trouble.  I was given a nasty note from Ms Thomas to take home to mom. 
Later  when  mum  read  the  note  she  blamed  me     she even listen to my side of things.  It’s not fair.  Now I’m grounded for a month and all I did was stick up for myself. 
Still I have learned one thing today –  violence won’t solve my problems but telling tales just might! 

Kesalahanku yang Terparah

Hai, Diary
Saya barusaja mengalami hari yang paling jelek !. Semuanya itu diawali ketika istirahat pagi. Anak laki-laki yang parah itu menghampiri saya dan mendorong tanpa alasan yang jelas. Ketika saya dorong dia ke belakang , saya malah yang dapat catatan buruk. Saya dapat surat peringatan dari Pak Thomas supaya saya di laporkan ke ibu saya.
Kemudian ketika ibu membaca catatan itu, ibu malah menyalahkanku – dia bahkan mendengarkan sisi lainya. Ini tidak adil. Sekarang aku membantah selama satu bulan dan semua yang saya lakukan adalah tetap membela diriku sendiri
Kini saya belajar satu hal hari ini – Bahwa kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah tapi menceritakan ( kebenaran ) mungkin ( lebih baik ).

31. What did the writer take home for his mom?                = Apa yang di bawa pulang oleh penulis ke ibunya?
A.  Good report from school                           = Laporan yang baik dari sekolah
B.  The photo of the horrible boy                    = photo anak yang brengsek
C.  The nasty note from Ms. Thomas              = Catatan peringatan dari Ibu Thomas
D.  Punishment letter from the principal         = Surat hukuman dari kepala sekolah
·       Indikator           : Menentukan informasi tertentu  
·       Kunci jawaban            : C 
·       Pembahasan    : Lihat baris ke 4 paragraf 1
================================================================================================  
32. What is the main idea of paragraph 2?                       = Apa ide utama pada paragraf 2
A.  The boy had a horrible life.                                     = anak laki-laki itu terkena hari sial
B.  The writer was blamed by his mom.                       = penulis itu di slahkan oleh ibunya.
C.  Ms. Thomas gave him a nasty note.                      = Ibu homas memberi dia catatan peringatan
D.  Something has to be learned from his experience.               = Sesuatu harus di pelajari dari penglaman dia
·       Indikator           : Menentukan pikiran utama paragraf 
·       Kunci jawaban            : B 
·       Pembahasan    : Lihat kalimat “...she blamed me.....”   = Dia ( ibunya ) menyalahkan saya. Kalimat itu sama artinya
                           dengan “...Penulis disalahkan oleh Ibunya = The writer was blamed by his mom
================================================================================================    
33. What did the writer learn from his experience?           = Apa yang penulis pejari dari penglaman dia itu? 
A.  Violence won’t solve problems.                 = Kekerasan tidak menyelesaikan masalah
B.  Telling tales makes life worse.                   = menceritakan kebenaran membuat kehidupan lebih buruk.
C.  Being given a nasty note is a fun.             = di beri catatan peringatan itu menyenangkan
D.  Making friend is not necessary.                = mencari teman tidak mudah
·       Indikator  : Menentukan informasi tersurat 
·       Kunci jawaban  : A 
·       Pembahasan  : Lihat paragraf 3 “...Violence won’t solve problems ...” =kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah
================================================================================================  


Read the text to answer questions 34 to 36 
Steven Paul Jobs was born on 24 February 1955 in San Francisco, California, to  Abdulfattah Jandali and Joanne who gave him up for adoption. He was taken in by Paul  and Clara Jobs, and grew up with them in Mountain View, California. 
      He attended Homestead High School in Cupertino California and went to Reed  College in Portland Oregon in 1972 but dropped out after only one semester, staying on  to "drop in" on courses that interested him. 
      He took a job with video game manufacturer Atari to raise enough money for a trip to India and returned from there a Buddhist. 
      Back in Cupertino he returned to Atari where his old friend Steve Wozniak was still working. Wozniak was building his own computer and in 1976 Jobs pre-sold 50 of the as-yet unmade computers to a local store and managed to buy the components on credit solely on the strength of the order, enabling them to build the Apple I without any funding at all. 
      The Apple II followed in 1977 and the company Apple Computer was formed  shortly afterwards. By the time production of the Apple II ended in 1993 it had sold over  6 million units. 
      In 1985 Jobs was fired from Apple and immediately founded another computer  company, NeXT.  
      In the meantime, in 1986, Jobs bought The Computer Graphics Group from  Lucasfilm. The group was responsible for making high-end computer graphics hardware but under its new name, Pixar, it began to produce innovative computer animations.Their first title under the Pixar name, Luxo Jr. (1986) won critical and popular acclaim and in 1991 Pixar signed an agreement with Disney, with whom it already had a relationship, to produce a series of feature films, beginning with Toy Story (1995). 
      In 1996 Apple bought NeXT and Jobs returned to Apple, becoming its CEO. In 2003, Jobs was diagnosed with pancreatic cancer and underwent surgery in 2004.Despite the success of this operation he became increasingly ill and received a liver  transplant in 2009. He returned to work after a six month break but eventually resigned his position in August 2011 after another period of medical leave which began in January 2011. He died on 5 October 2011. 
Steven Paul Jobs lahir pada 24 Februari 1955 di San Francisco, California, ke Abdulfattah Jandali dan Joanne yang memberinya untuk diadopsi. Ia dibawa oleh Paul dan Clara Jobs, dan dibesarkan dengan mereka di Mountain View, California.

       Dia menghadiri Homestead High School di Cupertino California dan pergi ke Reed College di Portland Oregon pada tahun 1972 namun keluar setelah hanya satu semester, tinggal ke "penurunan" pada program yang menarik baginya.
       Ia mengambil pekerjaan dengan produsen video game Atari untuk mengumpulkan cukup uang untuk perjalanan ke India dan kembali dari sana seorang Buddhis.
Kembali di Cupertino ia kembali ke Atari mana teman lamanya Steve Wozniak masih bekerja. Wozniak sedang membangun komputer sendiri dan pada tahun 1976 Jobs pra-menjual 50 dari yang belum dirapikan komputer ke toko lokal dan berhasil membeli komponen kredit semata-mata pada kekuatan pesanan, memungkinkan mereka untuk membangun Apple I tanpa dana sama sekali.
       Apple II diikuti pada tahun 1977 dan perusahaan Apple Computer itu dibentuk tak lama kemudian ( maksudnya tak lama setelah Apple I ). Pada saat produksi Apple II berakhir pada tahun 1993 mereka telah menjual lebih dari 6 juta unit.
Pada tahun 1985 Jobs dipecat dari Apple dan segera mendirikan perusahaan komputer lain, NeXT.
      Sementara itu, pada tahun 1986, Jobs membeli The Computer Graphics Group dari Lucasfilm. Kelompok ini bertanggung jawab untuk membuat perangkat keras komputer grafis high-end tetapi di bawah nama baru, Pixar, ia mulai memproduksi animations.Their komputer yang inovatif gelar pertama di bawah nama Pixar, Luxo Jr (1986) memenangkan pujian kritis dan populer dan pada tahun 1991 Pixar menandatangani perjanjian dengan Disney, dengan siapa sudah memiliki hubungan, untuk menghasilkan serangkaian film, dimulai dengan Toy Story (1995).
      Pada tahun 1996 Apple membeli NeXT dan Jobs kembali ke Apple, menjadi CEO-nya. Pada tahun 2003, Jobs didiagnosa menderita kanker pankreas dan menjalani operasi di 2004.Despite keberhasilan operasi ini ia menjadi semakin sakit dan menerima transplantasi hati pada 2009. Dia kembali bekerja setelah istirahat enam bulan tapi akhirnya mundur dari jabatannya pada Agustus 2011 setelah periode yang lain cuti medis yang dimulai pada Januari 2011. Dia meninggal pada 5 Oktober 2011.

34. Apple II was built in…   = Apple II di dirikan pada ( tahun ).....
A.  1976. 
B.  1977. 
C.  1993. 
D.  1995. 
·       Indikator           : Menentukan tertentu 
·       Kunci jawaban            : B 
·       Pembahasan    :  Lihat Paragraf 5 :   “ ....The  Apple  II  followed  in  1977 ....” ( followed : artinya menyusul, maksudnya
                           di buat menyusul setelah Apple I )
===============================================================================================  
35. Steve Jobs resigned from his position because…      = Steve Jobs mengundurkan diri dari posisinya karena...
A.  Apple fired him.                                                  = Perusahaan Apple memecatnya
B.  he signed an agreement with Disney.             = Dia menandatangani perjanjian dengan Disney
C.  he won critical and popular acclaim.              = Dia memenangkan kritik dan pujian yang luar biasa
D.  his health condition became worse.               = Kondisi kesehatan dia semakin memburuk
·       Indikator           : Menentukan informasi tersirat 
·       Kunci jawaban            : D 
·       Pembahasan    :
-  Coba lihat Paragraf 7: “... was diagnosed with pancreatic cancer..: Di diagnosa menderita penyakit kanker pankreas.
-  Coba lihat Paragraf 7: “...he became increasingly ill and received a liver  transplant...” : Dia menjadi semakin sakit dan menjalani pencangkokan hati.
-  Coba lihat Paragraf 7: “...but eventually resigned his position in August 2011 ...” : tapi ahirnya mengundurkan diri dari posisinya/ pekerjaanya bulan Agustus 2011.
-  Jadi dari Kalimat di atas bisa di dimpulkan bahwa kondisinya semakin memburuk, walaupun pada teks tidak ada yang menyebutkan kondisinya semakin memburuk.
===============================================================================================  
36. What did Steve do when he was fired from Apple?  = Apa yang di lakukan Steve ketika dia di pecat dari Apple?
A.  Returning to Atari                               = Kembali ke Atari
B.  Founding NeXT                                 = mendirikan NeXT
C.  Signing an agreement with Disney         = Menandatangani perjanjian dengan Disney
D.  Producing a series of feature films          = Memproduksi rangkaian film
·       Indikator           : Menentukan informasi rinci 
·       Kunci jawaban            : B 
·       Pembahasan    :Lihat paragraf 6 “... In 1985 Jobs was fired from Apple and immediately founded another computer  company, NeXT.   Setelah diberhentikan dari Apple, steve Jobs mendirikan NeXT
================================================================================================  






Read the text to answer questions 37 to 39 
Long ago, there lived a little boy named Sammy. He was a good boy. He was good in his studies,  obedient  to  his  parents,  more  intelligent  than  many other boys in his class and kind to everyone.  
Now there was another boy named Timmy who studied in the same class as Sammy. Unlike Sammy, he was not good at studies and always liked to play  during school hours. He misbehaved with his parents, bullied his classmates and  even ill-treated Sammy.  
    On his eighth birthday, Sammy got a nice pen as a gift from his parents.  He  brought  it  to  school  so  that  he could  use  it to  take  down  the  notes  of  the  lectures that the teachers gave in class. When Timmy saw it, he felt uneasy. He  asked Sammy, 
    "Hey, where did you get that? Did you buy it?"  
    "My parents gave it as a birthday gift to me." replied Sammy. 
    Timmy  was  overwhelmed  with  anger  and  jealousy.  His  parents  never gave  him  a  gift.  He  decided  to  steal  Sammy's  pen. During  recess, when everyone had gone out from the class, Timmy opened Sammy's bag and took out his pen. Then he hid it inside his bag and went out. 
    When  Sammy  came  back  and  could  not  find  his  pen,  he  informed  his class teacher about it. There was a hunt for the missing pen and the class teacher ordered the class monitor to search the bag of every children inside the class. The missing pen was soon found out of  Timmy's bag and the furious teacher asked the errant boy,  
    "Now Timmy, what do you have to say about it?"  
    Timmy was in tears. He had nothing to say.   
Dahulu kala, hiduplah seorang anak kecil bernama Sammy. Dia adalah anak yang baik. Dia baik dalam studinya, patuh kepada orang tuanya, lebih cerdas daripada banyak anak-anak lain di kelasnya dan baik kepada semua orang.
Sekarang ada anak lain bernama Timmy yang belajar di kelas yang sama seperti Sammy. Tidak seperti Sammy, ia tidak pandai studi dan selalu suka bermain selama jam sekolah. Dia bertingkah dengan orang tuanya, mengancam teman-teman sekelasnya dan bahkan memperlakukan buruk terhadap Sammy.
Pada ulang tahunnya yang kedelapan, Sammy mendapat pena yang bagus sebagai hadiah dari orang tuanya.Dia membawanya ke sekolah sehingga ia bisa menggunakannya untuk mencatat catatan dari pejalajan yang guru berikan di kelas. Ketika Timmy melihat hal itu, ia merasa gelisah. Dia bertanya Sammy,
“ Hey, Dari mana kamu dapat itu? Kamu beli kah?”
“Orangtuaku memberiku sebagai hadiah ulang tahunku .” jawab Sammy.
Timmy diliputi rasa amarah dan cemburu. Orang tuanya tidak pernah memberinya hadiah. Dia memutuskan untuk mencuri pena Sammy. Selama istirahat, ketika semua orang pergi keluar dari kelas, Timmy membuka tas Sammy dan mengambil penanya. Lalu ia menyembunyikannya di dalam tasnya dan keluar.
Ketika Sammy kembali ( ke kelas )dan tidak  menemukan penya. ia memberitahukan itu kepada guru kelas. Diadakan pencarian pena yang hilang dan guru kelas memerintahkan petugas kelas untuk mencari tas setiap anak di dalam kelas. Pena yang hilang segera ditemukan di tasnya Timmy dan guru marah dan menanyai  anak bandel itu,
     "Sekarang Timmy, apa yang Anda katakan tentang hal itu?"
     Timmy menangis. Dia tidak bisa mengatakan apa apa.



37. Timmy is Sammy’s     = Timmy adalah ....nya Sammy
A.  brother.       = saudara laki-laki
B.  cousin.        = paman
C.  nephew.     = keponakan
D.  classmate.                  = teman sekelas
·       Indikator  : Menentukan informasi rinci 
·       Kunci jawaban  : d 
·       Pembahasan  : 
·       Timmy adalah teman seekelas Sammy.Hal ini dapat dilihat di paragraph 2. 
================================================================================================  
38. Timmy decided to steal Sammy's pen because…        = Timmy memutuskan untuk mencuri penya Sammy karena...
A.  he wanted the pen.                   = dia inginkan pen itu
B.  the teacher asked him.             = guru bertanya kepadanya
C.  his friends made him angry.  = kawanya membuatnya marah
D.  he was jealous of Sammy.       = dia cemburu / iri kepada Sammy
·       Indikator           : Menentukan informasi tersirat 
·       Kunci jawaban            : D 
·       Pembahasan    : Karena cemburu / iri ( lihat paragraf 4 )
================================================================================================  
39. What did Timmy do to Sammy’s new pen?   = Apa yang Timmy lakukan dengan pen Sammy yang baru?
A.  He hid it inside his bag.           = dia menyembunyikan pen itu di tasnya
B.  He threw it to the dustbin.        = dia membuangnya di kotak sampah
C.  He put it in the teacher’s bag.                   = Dia meletakkan pen itu di dalam tas gurunya
D.  He gave it to his friend.           = dia memberikanya ke kawanya
·       Indikator           : Menentukan informasi rinci 
·       Kunci jawaban            : A 
·       Pembahasan    :  Yang dilakukan Timmy adalah menyembunyikan pena tersebut ke dalam tasnya.  Lihat paragraf 4 “...Timmy opened Sammy's bag and took out his pen. Then he hid it inside his bag and went out..”
=============================================================================  
Read the text to answer questions 40 to 42 
One day a man was going to market with his son and his ass. They met a couple  on the way. 
"Why walk when you have an ass to ride?" called out the husband,
"seat the boy  on the ass." 
"I would like that," said the boy, "help me up father." 
And the father did that willingly. Soon they met another couple.
"How shameful of you!" cried the woman,
"let  your father ride, won't he be tired?" 
So, the boy got down and the father rode the ass. Again they marched on. 
"Poor  boy",  said  the  next  person  they  met,
 "why  should  the  lazy  father  ride while his son is walking?" 
So, the boy got onto the ass too. As they went on, they met some travelers. 
"How  cruel  of  them!"  They  are  up  to  kill  the  poor  ass."  cried  one  of  the travelers. 
Hearing this, the father and the son got down. Now they decided to carry the ass on their shoulders. As they did so, the travelers broke into laughter. 
The laughter frightened the ass. It broke free and galloped away. 

Suatu hari seorang pria pergi ke pasar dengan anaknya dan seekor keledai. Mereka bertemu sepasang suami istri di jalan.
"Mengapa berjalan sedangkan anda memiliki keledai untuk di naiki?" kata suami,
"dudukkan anak itu di punggungnya."
"Saya mau itu," kata anak itu,
 "bantu saya ayah."
Dan ayah melakukan itu dengan senang hati.Tak lama kemudian mereka bertemu sepasang suami istri yang  lain.
"Alangkah memalukan kamu!" teriak wanita itu,
"Biarkan ayahmu naik, tidak kah ia lelah?"
Lalu, anak itu turun dan ayah naik keledai. Mereka lanjutkan lagi perjalanan mereka.
 " Kasihan anak itu”. kata orang berikutnya mereka bertemu,
"Mengapa ayah yang malas itu harus naik sementara anaknya berjalan?"
Lalu, anak itu naik ke keledai itu juga. Ketika perjalanan berikutnya, mereka bertemu dengan beberapa wisatawan.
"Alangkah kejamnya mereka!" Mereka sampai hati menyiksa keledai yang kemah itu". Teriak salah satu wisatawan.
Mendengar hal ini, ayah dan anak itu turun. Sekarang mereka memutuskan untuk membawa keledai di pundak mereka. Ketika mereka melakukannya, para wisatawan tawa.
Ketewa dari para wisatawan itu menakuti keledai. Keledai itu jatuh dan berlari


 40. How did the man feel when he put the boy on the ass?  = Bagaimana rasanya laki-laki itu ketika dia mendudukkan anak
                                                                                                    itu di punggung kuda
A.  Sad 
B.  Cruel 
C.  Happy 
D.  Jealous 
·       Indikator           : Menentukan informasi tersirat 
·       Kunci jawaban            : C 
·       Pembahasan    : Sang ayah melakukannya dengan senang hati, Lihat baris ke 7  “And the father did that willingly.” :
                           Dan ayah itu melakukanya dengan senang hati  . Willing : artinya dengan rela / dengan senang hati.
==============================================================================================  
41. “Now  they decided to carry the ass on their shoulders.”  = Sekarang mereka memutuskan untuk memikul kuda itu di
                                                                                                   pundak mereka
      The word  “ they” in the sentence refers to…                               = Kata “ Mereka “ pada kalimat itu yang di maksud adalah...
A.  the travelers.                             = para pejalan
B.  the boy and his father.             = anak laki-laki dan ayahnya
C.  the boy and the ass.                = anak laki-laki dan keledai
D.  the travelers and the ass.        = para pejalan kaki dan keledai
·       Indikator           : Menentukan rujukan kata dalam teks 
·       Kunci jawaban            : B 
·       Pembahasan    : ( Lihat baris 20-21 ) Kata they dalam kalimat tersebut merujuk pada anak laki-laki itu dengan ayahnya. 
================================================================================================  
42. What can we learn from the story?        = Apa yang bisa kita ambil hikmah dari cerita di atas?
A.  You cannot please everyone.           = Kamu tidak bisa menyenangkan semua orang
B.  We should help other people.         = Kita harus membantu orang lain
C.  Do not believe anybody else.           = Jangan percaya pada orang lain
D.  You must take your child with you.          = Kamu harus mengajak anakmu kemana saja
·       Indikator           : Menentukan pesan moral dalam teks 
·       Kunci jawaban            : A 
·       Pembahasan    : Pesan moral dari cerita tersebuta adalah bahwa kita tidak bisa menyenangkan semua orang. 
================================================================================================  
For questions 43 to 45, complete the text with appropriate words.  
Over a river there was a very narrow bridge. (43)… a goat was crossing this bridge. Just at the middle of the bridge he (44)…another goat. There was no room for them to pass.
“....(45) … " said one goat to the other, "there is no room for both of us". 
"Why should I go back?", said the other goat. "Why should not you go back?" 

Di atas sebuah sungai, ada sebuah jembatan yang sempit. (43)... seekor kambing sedang melintasi jembatan tersebut. Ketika di tengah jembatan dia ...(44)...kambing yang lain. Tidak ada ruang yang untuk mereka untuk melintas. “...(45)...” kata salah satu kambing kepada kawanya. “ Tidak ada ruangan untuk kita berdua”
“ Kenapa saya harus kembali?”, kata kambing yang lain.
“ Kenapa kamu tidak kembali?”.

43.
A.  today                    = Hari ini       
B.  one day               = Suatu hari
C.  tomorrow             = besok         
D.  the next day        = hari berikutnya
·       Indikator           : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang. 
·       Kunci jawaban            : B 
·       Pembahasan    :   yang  tepat  adalah one day. 
================================================================================================  
44.
A.  kept      = tetap
B.  let          = membiarkan, mengijinkan
C.  met       = ketemu
D.  said      = bilang
·       Indikator           : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang. 
·       Kunci jawaban            : C 
·       Pembahasan    : Jawabanya adalah met : Ketemu
================================================================================================  
45.
A.  come here     = kesinilah
B.  come in         = masuklah
C.  go ahead      = maju terus
D.  go back         = kembalilah
·       Indikator           : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang. 
·       Kunci jawaban            : D 
·       Pembahasan    : Kata yang  tepat  adalah go back. 
================================================================================================  
For questions 46 to 48, complete the text with appropriate words.  
First, melt the butter in the (46)… over medium heat. Then, crack open the eggs into pan (47)… until yolks to at edges 
(indicated  by  a  lightening  in  the  yolk  color).  Using  the  spatula,  flip  the  eggs  (48)… and allow cooking ten seconds for over -easy,  or  up  to  one  minute for over-hard. Finally, add salt and pepper to taste, and serve.   

Pertama, cairkan mentega dalam ...(46) ... di atas api dengan panas sedang. Kemudian, pecahkan  telur ke dalam panci.  ....(47) ... sampai kuning di tepinya
(ditunjukkan dengan kering dan warna kuning). Gunakan spatula, baliklah telur ... (48) ... dan gunakan waktu memasak sepuluh detik selama lebih-mudah, atau sampai satu menit untuk over-keras. Akhirnya, tambahkan garam dan merica secukupnya, dan melayani.








46.
A.  kettle                 = kettle
B.  pan                   = panci
C.  stove                = kompor
D.  spatula             = spatula
·       Indikator           : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang. 
·       Kunci jawaban            : B 
·       Pembahasan    : pan
================================================================================================  
47.
A.   let               = biarkan
B.  make           = buatlah
C.  start            = mulailah
D.  stop to        = berhentilah
·       Indikator           : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang. 
·       Kunci jawaban            : A 
·       Pembahasan    : Let
================================================================================================
48.
A.   carelessly     =  sembrono / ceroboh / asal –asalan / tidak hati- hati
B.  reluctantly     = pelan - pelan
C.  carefully        = hati hati
D.  immediately                = segera
·       Indikator           : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang. 
·       Kunci jawaban            : C
·       Pembahasan    : carefully. 
===============================================================================================


49. Arrange these words into a good sentence. 
 
the
yesterday
attractive
was
my
life
most
school
day
of










1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
 
The best arrangement of the words is….   = Susunan kata yang paling baik adalah ...
A
2
4
5
8
6
10
1
3
7
9
B
2
4
1
7
3
9
10
5
8
6
C
5
6
4
1
7
3
8
9
10
2
D
5
8
6
2
4
1
7
3
10
9
·       Indikator           : Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat sederhana yang bermakna. 
·       Kunci jawaban            :              
·       Pembahasan    : Susunan kata yang paling tepat adalah “ Yesterday was the most attractive day of my school life”.   = Kemarin adalah hari yang paling menyenangkan di kehidupan sekolah ku
================================================================================================  
50. Arrange the following sentences into a good paragraph.         = Susunlah Kalimat berikut kedalam paragraf yang baik
1)  It is at 69 Sultan Agung Street.                                          = Dia berada di jalan Sultan Agung No 69
2)  I put the computer on my table.                                        = Saya meletakkan komputer di atas meja saya
3)  I love my office because it is very comfortable.              = Saya mencintai kantor saya karena dia sangat nyaman
4)  This is my office.                                                               = Ini adalah kantor saya
5)  There is also a cupboard near my table.                         = Ada juga almari di dekat meja saya
6)  In my office there is a set of personal computer.           = di kantor saya ada satu set komputer pribadi
7)  I keep some books in the cupboard.                               = Saya menyimpan beberapa buku di almari saya
 
The best arrangement of the sentences is….   = Susunan yang terbaik untuk kalimat ini adalah ...
A
3
6
2
4
1
5
7


B
3
4
1
5
7
6
2


C
4
3
1
6
2
7
5


D
4
1
6
2
5
7
3


·       Indikator           : Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf deskriptif yang padu dan bermakna  
·       Kunci jawaban            : d 
·       Pembahasan    : Susunan teks descriptive dimulai dari identifikasi, yang tertulis dalam kalimat ke  empat.Setelah itu diikuti dengan description. 
 
 
=============================================================================================== 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar